Blessing in Disguise

Dua minggu lalu, adik dari Mbak Mawar datang ke Jakarta untuk bekerja. Kebetulan ia mendapat pekerjaan mengurus rumah tangga (jadi ART) di rumah teman kami. Karena letak rumahnya tidak terlalu  jauh, Mbak Ani (nama samaran adiknya mbak Mawar) sesekali main ke rumah kami. Terutama saat Sabtu atau Minggu, ketika ia dibolehkan oleh bosnya untuk keluar sekadar untuk refreshing.

Saya tanya apa motivasi dia datang ke Jakarta, meninggalkan anaknya yang baru berusia tiga tahun dan diasuh oleh neneknya? Rupanya Mbak Ani dan suaminya ini baru terkena musibah. Mereka ditipu orang. Saya kurang tau detailnya bagaimana, tetapi kerugiannya 30 juta. Dan uang 30 juta itu mereka pun meminjam dari orang lain. Akibatnya sang empunya uang bolak balik menagih dan menuntut pertanggungjawaban Mbak Ani dan suami.

Saya dengernya? Lemes. Tiga puluh juta bisa buat umroh, masih ada sisa pula.

“Di kampung uang 30 juta mah gede bu,” kata Mbak Ani.
“Ealah mbaaak…jangankan di kampung. Di kota (Jakarta) juga segitu mah gede buanget,” jawab saya.

Jadi, dengan membulatkan tekad, Mbak Ani ke Jakarta mengadu nasib. Penghasilannya akan dipakai untuk menyicil utang. Sang suami pun, penghasilannya dari bekerja di kampung akan digunakan untuk hal yang sama.

Betapa beruntungnya teman kami yang mendapatkan ART seperti Mbak Ani. Karena Mbak Ani sudah pasti akan menerima semua keadaan, susah senang, pahit manis selama bekerja di rumah teman kami tersebut. Ke Jakarta beneran niat kerja maksudnya.
Karena di luar sana, masih banyak pula ART yang kurang niat. Ada yang baru tiga hari kerja, karena ngerasa banyak kendala ini itu, gak cocok sama bosnya dll dll, langsung minta resign. Ada yang baru sebulan udah minta pulang dengan alasan macam-macam. Ada pula yang baru satu hari besoknya udah dadah babay. Jadi ke Jakartanya hanya semacam coba-coba, tanpa ada target. Kalo dirasa kerjaannya gak enak, ya udah pulang aja lagi ke kampung. Kelar.

ART model Mbak Ani ini sesungguhnya yang didambakan semua orang. Kemungkinan resign sungguh kecil, karena mencicil 30 juta itu, mungkin baru bisa lunas setelah kerja dalam hitungan tahun. Selain kemungkinan resign yang kecil, ART yang niat kerja begini biasanya sudah sounding dari awal apa kebutuhannya dia, sehingga bosnya bisa memprediksi kira-kira sampai kapan ia akan ada niatan pulang kampung lagi.

Saya dulu pun (sekitar 7 tahun lalu) pernah punya ART yang sounding dari awal bahwa ia bekerja di rumah kami karena benar-benar mencari modal untuk menikah. Apabila modal sudah cukup kemungkinan 6 bulan dari hari pertama ia bekerja, ia akan pulang kampung. Enak kalau ada omongan begini dari awal. Tinggal kaminya saja mau terima kondisi seperti itu atau tidak. Kalaupun menerima, at least kami tinggal memprediksi kapan mulai cari-cari ART baru lagi.

Jadi semacam blessing in disguise ya? Eh bener gak ya nulisnya? Musibah untuk Mbak Ani, namun hal tersebut juga keberuntungan untuk teman kami.

Demikianlah postingan receh di hari ini. Ayo makan siang dulu biar semakin gembira menghadapi kenyataan bahwa besok udah hari Jumat lagi. Yeaaah….!
signature

Advertisements

13 thoughts on “Blessing in Disguise

  1. Diptra says:

    Salam buat mba Ani ya mbak. Salut atas tekadnya menuntaskan jeratan hutang dikampung dengan menghadapi peruntungan di Jakarta. Moga dilancarkan urusannya perihal hutang-piutang ini.

    Liked by 1 person

  2. naniknara says:

    Salut sama mbak Ani dan suaminya yang bersepakat dan bersama-sama berusaha keras buat bisa bayar hutangnya.
    Duh jadi ingat sama pihak-pihak yang punya utang sama saya. Berharap mereka punya tekad kuat untuk melunasi hutangnya juga. Udah capek bolak-balik nagih

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s