Lontong Magic Com

Waktu Idul Adha bulan Agustus kemarin, saya tetiba macam orang ngidam. Pengen banget makan ketupat/lontong sama sayur santan, entah opor atau labu siam, atau apapun. Udah macam orang hamidun aja hahahah.

Nah ndilalah, mau pesan ketupat tapi saya gak bakal mesen banyak. Palingan cuma 4 atau 5 ketupat. Dikit banget kan? Yang dipesenin juga manyun kalo customer cuman beli dikit gitu. Puter otak lagi…..browsing-browsing internet. Ada ketupat instant yang dijual di beberapa supermarket. Etapi kalo pas liat kemasannya….kok pake plastik ya? Walaupun disinyalir plastik foodgrade tahan panas dll…tapi hati ini tetaplah masih gak ngerasa sreg dengan cara masak lontong pakai plastik (kebayang-bayang ratjoen di plastik masuk ke lontong dan dimakan sama kita).
Trus mau coba bikin lontong sendiri pakai daun pisang…duh Gusti koetak sanggoep menoenggoe lontong matang hingga berdjam-djam lamanya…..ditambah gak pinter mbungkusnya.

Ngeces semakin melanda. Iseng-iseng buka YouTube nyari cara bikin lontong. Terpujilah YouTube dengan segenap dan segala macam video tutorialnya. Ternyata ada cara bikin lontong gampil….pakai magic com! Melonjak-lonjak rasa hati ini. Cuss pulang ke rumah langsung dipraktikkan.

LONTONG MAGIC COM

Bahan:

– 1 cup beras : 3 cup air
Perbandingannya selalu 1 banding 3 ya. Cup beras yang dimaksud adalah gelas takar beras yang selalu kita dapat kalo beli magic com baru gitu. Duh apa ya istilah umumnya?
Kemarin karena pengen lontong yang agak banyakan, saya bikin 2 cup: 6 cup air
– Garam seujung sendok teh (ini saya malah skip kemarin, hahahaha)

CARA MEMBUAT:
1. Cuci bersih berasa seperti biasa.
2. Masak beras seperti biasa juga sampai matang di magic com.
3. Setelah matang, buka magic com. Angin-anginkan sebentar sekitar 5 menit nasi lembek yangs udah matang.
4. Siapkan cetakan. Nah cetakannya bebas, apa aja yang kita punya di rumah. Bisa mangkok, tupperware, apapun.

20180821_211133-800x450

5. Padatkan nasi lembek di dalam cetakan.

Screenshot_2018-09-13-14-17-20-1-540x534

6. Diamkan sampai nasi lembek memadat. Nah kalau saya eksperimen kemarin: saya bikin lontong jam 21.00 WIB malam, didiamkan di meja makan menggunakan tudung saji, lalu besok paginya baru dimakan.
7. Keluarkan lontong dari cetakan. Potong menggunakan pisau yang dilapis plastik agar lebih mudah motongnya.

20180822_045256-800x450
20180822_045835-800x450

Nah lontongpun siap dinikmati. Alhamdulilah kesampean juga makan lontong opor di hari Idul Adha.

20180822_051244-800x450 (1)

Kalau begini caranya, besok-besok bikin lontong sayur ah, pake sayur labu siam. Lhah nulis postingan ini aja tetiba ngeces maning eikeh…..huhuhu…..

Selamat mencoba temans 🙂
signature

8 thoughts on “Lontong Magic Com

  1. denaldd says:

    Mbak, jadi pengen buat lodeh labu siem juga.
    Kalau di sini andalan kami para perantau yang pengen lontong ya bikin lontong yang sudah diplastikin berasnya. Sudah lah tutup mata masalah plastik, banyak2 baca doa sebelum makan biar selamat dan berkah 😅 cari praktis dan ga ruwet. Tapi ide bikin lontong pake magic jar ini boleh juga. Thanks for sharing

    Liked by 1 person

Leave a comment