Maafkan Saya, dik…..

Pagi-pagi datang ke kantor udah dibuat terharu. Bagaimana tidak? Ada sebuah e-mail lamaran pekerjaan masuk ke inbox saya. Seperti ini e-mailnya…..

20180913_100430

Bingung campur aduk. Dan memang keputusannya kantor saya gak akan memanggilnya untuk proses rekrutmen ini. Jahat…iya saya jahat banget ya? Diskriminatif abis terhadap saudara-saudara kita yang difabel.

Tapi, apa yang saya lakukan tentu ada dasarnya. Realistis. Ketika bekerja, ada yang namanya brief dari klien yang disampaikan lisan kepada tim. OK, mungkin di tahap tersebut, sang kandidat masih bisa dibantu oleh rekan setim yang normal. Lalu selanjutnya, tim secara internal akan brainstorming untuk menemukan ide terbaik sebelum eksekusi design untuk klien. Belum terbayang bagaimana nanti cara kami brainstorm dengannya, karena sejujurnya kami tidak paham bahasa isyarat. Belum lagi, jika mendadak tim butuh meeting dengan klien dan designer diharapkan membantu mempresentasikan konsep design ke klien. Ada terlalu banyak effort yang harus kami lakukan….untuk membantunya. Tidak mungkin tiap saat kami menulis entah di kertas, WA atau Microsoft Word untuk menjelaskan segala sesuatu kepadanya.┬áDan nampaknya kami belum siap, karena kami juga terkadang dihadapkan pada deadline masing-masing yang mau tidak mau harus diprioritaskan. Nanti kalau sang kandidat malah terabaikan, kan jatuhnya lebih kasihan lagi.

Yang menarik adalah, sang kandidat dalam CVnya menjelaskan bahwa ia masih menempuh pendidikan design di salah satu universitas swasta di Jakarta. Saya kurang tau bagaimana sistemnya, tapi mungkin di zaman sekarang sudah banyak sekolah dan universitas yang ramah difabel. Alhamdulilah…..

Ah, asli jadi campur-campur perasaan ini. Di satu sisi saya kagum dan salut akan kegigihan sang kandidat. Kagum pada rasa percaya dirinya. Di sisi lain, tim kami pun harus berpijak pada realita.

Semoga engkau menemukan tempat kerja terbaik ya, dik. Maafkan saya…..
signature

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s