Nasi Bakar Tongkol Pedas

Dari beberapa minggu lalu pengen nulis resep ini di blog, tapi apa daya segala rupa keriuhan dunia nyata termasuk mantengin China Open 2018 (Ginting juaraaa…yeaaay) bener-bener lebih penting ketimbang blog hehe. Semoga di Korea Open wakil-wakil Indonesia pada menang ya pemirsah…amiiin….

Duile resep paan sih neng? Biasaaa…resep bole nyontek. Salah satu keahlian rakyat jelita macam saya apalagi kalo cuma boleh liat-liat hasil kreasi orang lain trus dipraktikkan di rumah. Hahaha….

Nah, karena ngerasa bosen ama lauk di meja saban hari yang cuma muter-muter di menu warteg aja, saya iseng browsing. Trus entah wangsit dari mana, pengen bikin nasi bakar dong. Langsung cuss menuju cookpad, lalu liat beberapa resep nasi bakar. Akhirnya setelah baca-baca, mulailah berjibaku di dapur. Dan yang terpilih untuk dieksekusi adalah Nasi Bakar Tongkol Pedas.

Ndilalah, bikin nasi bakar ini ternyata gampil ya….*ah elah sist, situ kemane aje?
Eh enggak ding…bagian membungkus pake daun pisang bikin eikeh gregoriwati tau. Saya mah selalu lebih sering gagalnya kalo berurusan sama mbungkus pake daun pisang. Mungkin memang taqdirnya enggak match sama daun pisang….. matchnya sama Johny Deep *halu.

Ah sutralah…mari kita mulai aja prosesnya ya:

Bahan-bahan

NASI-nya
Nasi matang. Ngambil dari magic com. Saya kemarin pakai kira-kira 3 piring penuh.
5 siung bawang merah, rajang
4 siung bawang putih rajang
3 buah cabe merah keriting, rajang juga. Kalo mau tambah pake cabe rawit biar lebih pedas, silakan ya.
2 batang sereh, geprek
2 lembar daun jeruk
Satu genggam ikan teri medan, goreng lalu sisihkan. Nah ikan teri ini juga bisa diganti segenggam ebi/rebon yang juga digoreng kering dan sisihkan.
Minyak untuk menumis
Garam secukupnya
Daun kemangi. Porsinya sesukanya saja. Mau banyak atau sedikit, bebas

TONGKOL PEDAS-nya
2 potong ikan tongkol basah. Yang dimaksud di sini adalah satu ekor ikan tongkol utuh lalu dipotong-potong jadi beberapa bagian. Nah ambil 2 bagian saja. Jangan lupa dibumbui dengan: seruas kunyit, garam, air jeruk nipis/lemon yang dibalur ke ikan. Kemudian diamkan 15 menit. Setelah itu goreng dan sisihkan.
Minyak untuk menumis

Bumbu halus:
5-7 buah cabe keriting merah
3 buah cabe rawit merah. Kalo mau lebih pedas, silakan tambah ya.
3 siung bawang merah
Gula dan garam secukupnya

Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Cara membuat nasi:
1. Tumis rajangan bawang merah, bawang putih, cabe keriting, daun jeruk dan sereh
2. Jika sudah harum, masukkan nasi, ikan teri/rebon goreng
3. Aduk-aduk seperti membuat nasi goreng. Sisihkan.

20180916_112432-800x600

Cara membuat tongkol pedas:
1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Jangan lupa beri gula dan garam.
2. Taruh bumbu tersebut di cobek.
3. Taruh ikan yang sudah digoreng, lalu geprek-geprek ikan supaya tersuwir-suwir (duh ya Allah…maafin bahasa, saya gak ngerti gimana mendeskripsikannya). Kurang lebih mirip gambar di bawah inilah. Jangan lupa diaduk-aduk pakai sendok biar sambelnya merata ya.

Jpeg

Nah setelah nasi dan ikan tongkol pedas siap, saatnya membungkus.

1. Siapkan daun pisang. Saya biasanya mengelap daun pisang bolak balik dengan kain bersih. Untuk ngilangin debunya. Lalu jangan lupa dilemaskan di atas api kecil sebentar.
2. Taruh nasi sebanyak dua sendok nasi (kurang dari itu juga gak papa. Kira-kira aja) ke daun. Kemudian ambil satu sendok tongkol pedas, letakkan di atas nasi.
3. Kasih daun kemangi secukupnya.
4. Gulung dan tutup bungkusan atas bawah dengan lidi. Berhubung sungguh gregoriwati dan selalu gagal dengan cara lidi, maka saya memakai cara berbahaya nan simpel….menggunakan staeples. Jangan diikuti ya gengs….karena kalo gak hati-hati staeples bisa tercampur dengan nasi saking kecilnya benda itu huhuhuhu…..
Dan lihatlah hasil bungkusannya yang kaco balo ini

IMG_20180916_155847_374

Qusedih melihat hasil bungkusanque

5. Setelah dibungkus, bakar nasi di atas teflon. atau pakai alat grill seperti ini juga boleh:

Nasi bakar pun siap dinikmati.

20180916_130948-800x600

Sebetulnya nasi bakar ini suka-suka kita aja sih isinya mau apaan. Mau pake ikan asin doang jadi. Ikan teri doang jadi. Cumi asin pun jadi. Apa aja yang ada di kulkas, manfaatin aja hehe….

Cocok buat bekal ke kantor, ataupun piknik. Praktis, tinggal buka bungkusnya lalu makan deh. Selamat mencoba ya 🙂
signature

 

Advertisements

6 thoughts on “Nasi Bakar Tongkol Pedas

  1. Fanny Fristhika Nila says:

    Aku lbh suka pake jamur, krn ga terlalu doyan tongkol :p. Kalo bikin sendiri juga ga prnh sih mba. Slalunya beli. Udh kepikiran rempong ngebungkusinnya itu wkkwkwkw

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      Aku kurang paham masak jejamuran mbak tapi penasaran juga sih pengen nyobain yg pake jamur 🙂 Soal ngebungkus, duh akupun amatir…salutlah buat para suhu yang jago bermain-main dengan daun pisang. Kok bisa pada rapi ya mbungkusnya? hehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s