Martabak Mini Isi Mie

Beberapa hari lalu, saya ceritanya pengen buatin anak-anak martabak telor. Bukan martabak telor yg pake minyak samin dan dijual di pinggir-pinggir jalan barengan martabak manis. Tapi martabak telor mini yang bikin pake kulit lumpia beli jadi itu loh.

Nah biasanya makanan ini bisa jadi cemilan, ataupun lauk pas makan nasi. Dan biasanya lagi, kalau bulan puasa datang, gorengan yang satu ini sering jadi incaran buat berbuka puasa, selain lontong isi/arem-arem.

Dengan tingkat kesoktahuan luar binasah, saya pun liat resep di cookpad dan ngebatin aih gampil pisan euy. Kulit lumpia jadi sudah tersedia sepuluh lembar. Mulailah si sok tahu ini membuat martabak. Dalam resep diinfokan bahwa bahan isiannya hanya telor 2 buah, daun bawang, kaldu bubuk/Royco, dan merica. Kocok-kocok pakai garpu mirip bikin telor dadar. Kemudian bentangkan kulit lumpia, isi sesendok kocokan telor ke kulit lumpia lalu lipat model amplop. Goreng.

Kenyataannya? Eikeh kalang kabut bok…pas proses ngegoreng telornya keluar kabeh dari dalam kulit, merekah kesana ke mari…kacau balau dalam wajan itu keadaannya. Wahahahah….martabak telor gagal maksimal judulnya.

Sedih hatiku.

Namun mamak-mamak gak mau rugi ini puter otak. Ini sisa kocokan telor kalo cuma didadar standar biasa, malesin deh. Bosen juga makan telor dadar saban hari.

Ehm…untunglah tersisa sedikit IQ dalam otakku yang engga encer inih…… Di sudut dapur ada sebungkus Indomie. Aha…
Kemudian jadilah itu martabak mie. Begini lengkapnya:

MARTABAK ISI MIE

Bahan:
10 lembar kuliat lumpia jadi. Beli di tukang sayur banyak.
1 bungkus mie instant. Rebus tanpa dibubuhi bumbu apapun. Tiriskan
2 buah telor ayam
Merica bubuk secukupnya
Garam dan penyedap rasa secukupnya (Royco/Masako, apa aja yg ada di dapur)
Daun bawang secukupnya, diiris tipis
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Campurkan telor, merica, garam, penyedap rasa, daun bawang. Lalu kocok lepas seperti mau membuat telor dadar.
2. Masukkan mie rebus tadi ke kocokan telor, aduk rata.
3. Bentangkan lembaran kulit lumpia jadi. Kemudian ambil sesendok mie dan isikan ke kulit lumpia. Lalu lipat bentuk amplop.
4. Goreng dengan api kecil ya, karena kulit lumpia cepat matang loh. Nanti kalo api kegedean ya hangus jadinya hehe.

IMG_20180930_123205_060-800x800

20180930_111503-800x600

Dalamnya kayak gini

Akhirnya gak jadi gagal bikin martabak. Alhamdulilah ada mie instant penolong. Nah, kalau dipikir-pikir lagi, bumbu untuk isian martabak ini kalo mau praktis mah pake aja bumbu jadi yang ada dalam kemasan Indomienya ya. Dijamin lebih gurih. Tapi kalau mau ngebumbuin sendiri kayak saya, boleh juga. Bebas aja…
Dicocol sambel kacang atau sambel botolan, enaaaak…..

IMG_20180930_122103_702-600x666

Martabak menjadi bagian dari lauk di meja makan

Selamat mencoba guys πŸ™‚

signature

Advertisements

15 thoughts on “Martabak Mini Isi Mie

  1. denaldd says:

    Mbak, coba kapan2 bikin yang pakai isian bihun trus ditambahi wortel. Enak deh. Di Surabaya, martabak isi bihun ini dimakan pake cabe rawit dan dicocol sambel petis. Wah enak banget. Aku di sini sering bikin martabak mini isi bihun. Serumah doyan semua. Camilan murah meriah haha.

    Liked by 2 people

  2. ndu.t.yke says:

    Martabak mie, aku biasa bikin sejak SMP. Tp ga pake kulit lumpia trs diisi satu2 gitu mbak. Jd mie direbus (terserah mie goreng atau kuah tp tanpa kuahnya), tiriskan. Lalu campur ama bumbu, aduk rata. Tambahin 2 butir telor yg udah dikocok terpisah. Aduk lagi. Lalu masukkan ke teflon. Api kecil aja spy bagian atasnya nggak keburu gosongβ€” padahal tengah blm mateng. Klo udah yaQin telornya mateng, angkat. Cocol pake saos.

    Liked by 1 person

  3. Fanny Fristhika Nila says:

    Selama ini aku srg bikin martabak mie tp ga pake dibungkus kulit lumpia. Ga kepikiran, kayaknya enak juga yaaa :). Kapan2 coba buat pake kulit lumpia ah…

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s