Getuk Ubi Ungu Sederhana

Kebetulan ada ubi ungu di rumah. Biasanya sehari-hari ya cuma dikukus dan makan begitu aja. Sarapan ndeso namun sehat senantiasa. Nah lalu mulailah muter otak….kira-kira ini ubi ungu enaknya diapain lagi ya?

Iseng browsing di internet pake keyword getuk ubi. Kenapa tetiba getuk? Karena sebetulnya dua minggu lalu saya nyoba bikin getuk singkong gula merah yang rada gagal. Maklum amatiran dan belum paham. Jadi singkongnya walau udah ditumbuk ya masih aja berbonggol-bonggol di sana sini. Belum lagi gula merahnya yang gak halus banget nggerusnya, jadi pas dicampur dengan singkong ya masih berasa bonggol juga di sana sini. Hadeuuuh…..

Eh ndilalah, ubi juga ternyata bisa dibikin getuk. Proses pembuatannya juga sama persis sama getuk singkong. Beda bahan doang. Ah coba praktikin ah….siapa tau berhasil hihi…

GETUK UBI  UNGU

Bahan Getuk
2 buah ubi ungu ukuran sedang. Kupas dan cuci bersih. Potong-potong lalu kukus.
1 buah gula merah ukuran sedang, tumbuk halus. Jika rajin, boleh disisir pake pisau. Oh ya, kalau ubi sudah manis, porsi gula bisa dikurangi ya.
1/4 sendok teh garam

Bahan taburan
3-4 sendok makan kelapa parut. Beri sedikit garam, lalu kukus supaya kelapa tidak gampang basi.

Cara membuat
1. Setelah ubi matang, tumbuk atau bejeg-bejeg ubi di wadah/mangkok, sambil diberi gula merah dan garam. Campur-campur agar gula merah merata.
2. Ambil sesendok makan ubi halus. Bulatkan di tangan.
3. Tata di piring. Taburi dengan kelapa parut.

IMG_20181007_083751_568-800x723

Selesai. Bisa dinikmati sembari minum teh sore. atau buat sarapan juga oke. Bebas.
Selamat mencoba ya 🙂
signature

Advertisements

3 thoughts on “Getuk Ubi Ungu Sederhana

  1. Fanny Fristhika Nila says:

    Uwaaaahh gampang bangeeet yaaaa.. Ini sih sepertinya anti gagal bahkan buatku yg ga bisa masak samasekali :p. Aku suka banget getuk mba. Blm prnh coba kalo dr ubi sih. Tapi melihat penampilan, sepertinya sama enak dgn yg singkong 🙂

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s