Klepon Ubi Ungu

Masih ada sisa ubi ungu teronggok di sebuah sudut di dapur saya. Hmm…kemarin-kemarin sudah bikin Getuk Ubi Ungu. Sekarang diapain lagi ya? Setelah browsing, akhirnya pilihan ditetapkan pada resep…….Klepon Ubi Ungu.

Semua bahan kebetulan ada di rumah, jadi langsunglah dipraktikkan pas punya waktu cukup luang. Kuy kita ke dapur 🙂

KLEPON UBI UNGU

Bahan
2 buah ubi ungu ukuran sedang. Kupas, cuci bersih dan kukus.
5 sendok makan tepung sagu/kanji. Sejatinya Klepon memakai tepung ketan putih. Tapi berhubung dalam rumah adanya tepung sagu ya sutralah mari kita manfaatin yang ada aja
Air secukupnya
Gula merah secukupnya. Sisir. (Saya kan pemalas, jadi saya tumbuk halus aja pakai cobek bersih. Eh ndilalah karena si cobek ini walau sudah dicuci bersih, tapi sebelumnya dipakai ngulek ketumbar, jadilah si gula merah pas dimakan ada aroma ketumbarnya juga. Ngiaahahahahahaha….jangan ditiru ya temans. sebaiknya tetap sisir halus saja gula merahnya).
Kelapa parut secukupnya
1/4 sendok teh garam

Cara membuat
1. Kukus kelapa parut yang sudah diberi garam. Setelah dikukus, sisihkan.
2. Lumatkan ubi ungu yang telah dikukus. Bisa pakai bagian belakang garpu.
3. Campur tepung dan ubi yang sudah lumat tadi. Sambil dicampur, tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jika adonan sudah kalis, jangan beri air lagi ya. Keenceran malah ga jadi adonan klepon nanti hehe.
4. Ambil sesendok adonan, pipihkan. Isi dengan sedikit gula merah. Lalu bulatkan.
5. Didihkan air di panci untuk merebus klepon. Ketika air sudah mendidih, masukkan bulatan klepon. Jika bulatan sudah mengambang, silakan diangkat dan sisihkan.
6. Campurkan bulatan klepon ke dalam kelapa parut.

IMG_20181012_080011_836-600x616

Nah klepon siap dinikmati. Untuk sarapan maupun cemilan minum teh, silakan pilih sesuai selera. Selamat mencoba.
signature

Advertisements

5 thoughts on “Klepon Ubi Ungu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s