Life Skill dalam Materi Pelajaran Sekolah

Walau yang sekolah si anak, tapi ortunya sebisa mungkin mesti keep up dengan semua bahan/materi pelajaran anak di sekolah. Sudah pernah saya bahas di sini ya. Silakan dibaca-baca.

Nah minggu lalu, saya membaca salah satu materi di buku Tematiknya Alun. Dan menemukan materi ini:

20181102_165358-1-800x716

Sebagai orang yang hidup di era 80-an, saya langsung flash back ke zaman saya kicik. Kurikulum sekolah didominasi oleh hafalan, soal pilihan benar-salah, dan pilihan ganda. Gak pernah ada kurikulum seperti gambar di atas. Kalaupun ada pelajaran Keterampilan atau PKK, materinya seputar menjahit atau crafting sesuatu.

Melipat baju, menyalakan kompor, mengikat sepatu, bahkan sekedar mengikat bungkus plastik menggunakan karet, semuanya adalah bagian dari life skill. Dulu, kami semua mendapatkan skill tersebut hanya dari mencontoh apa yang dilakukan para ortu kami. Tau-tau bisa, tanpa ada training khusus banget. Ditambah kondisi di zaman itu, orang tua tidak overprotective terhadap anak. Bahkan banyak anak yang mendapatkan dan belajar aneka pengalaman hidup justru dari luar rumah, bukan dari orang tua sendiri. Alhasil kebanyakan anak lebih mandiri, bahkan pada usia yang masih dini sekalipun.

Saya hanya berasumsi…boleh jadi memasukkan skill melipat baju dalam kurikulum sekolah disebabkan karena anak zaman sekarang, anak-anak kita (yang sering diberi sebutan Gen Y, Z, Alpha dan apapun itu) sudah “terfasilitasi” lahir bathin. Sejak dalam kandungan sudah sangat diprotect dan begitu lahir luar biasa fasilitas yang diterima. Karena zaman internet, mulai dari yang namanya peralatan dan metode MPASI, popok sekali pakai dan aneka macam fasilitas yang mempermudah hidup anak…dengan mudahnya terhampar di depan mata. Terus terang ini pun pengalaman pribadi saya. Zaman dulu anak berjuang untuk toilet training di usia yang super dini, namun zaman sekarang usianya terkadang molor akibat kehadiran popok sekali pakai nan praktis. Anak saya aja sampe umur 3 tahun masih popok sekali pakai mlulu kok *pengakuan zuzur.

Mau nyuci dan setrika pakaian, cukup “lemparkan” saja ke laundry terdekat. bahkan yang ekspres bisa kelar dalam 4 jam saja. Mau makan, cukup via GoFood tiba-tiba makanan udah sampe di depan pagar.

Kalau mau dipukul rata bahwa generasi zaman sekarang terutama yang hidup nyaman di perkotaan itu kurang mandiri, ya kok judgemental bener ya? Gak semua begitu kok. Tapi mau gak mau asumsi saya melipir ke arah “bahwa ada kondisi anak zaman sekarang yang sedikit berbeda dengan zaman dulu. Sehingga salah satu life skill ini diselipkan sebagai salah satu materi pelajaran di sekolah.”

Sekali lagi….tulisan ini hanya dibuat berdasarkan asumsi saja. Saya bahkan ga punya akses ke Kemendikbud untuk menanyakan alasan pelajaran ini masuk ke kurikulum 2013?
Lalu kenapa tulisan ini dibuat? Enggak ada maksud khusus…cuma pengen mengungkapkan bahwa “woww..amazing” aja, tapi pake 430 karakter. Haahahahaha…..maafin ya yang punya blog emang rada-rada.

Para ortu yang kebetulan mampir ke tulisan ini, apakah merasakan “wow amazing” yang sama dengan saya? Atau bahkan merasa saya terlalu berlebihan? Monggo berbagi di komen ya.
signature

Advertisements

9 thoughts on “Life Skill dalam Materi Pelajaran Sekolah

  1. Susleni says:

    Waaahhh….
    Kayaknya bentar lagi ada juga tutorial masak mie rebus…
    Hahahahaha…
    Kalo aku pas kecil, nyuci, ngelipat kain, dan nyetrika adalah S&K untuk bisa main keluar rumah.
    Jadi kalo belum beres kain dirumah, belum boleh main…

    Like

    • imeldasutarno says:

      Nah makanya…saya merasa emejing. Sampe sebegitunyakah hingga akhirnya masuk kurikulum? Soal laptop, nah justru anak zaman sekarang lifeskillnya ya seputaran gadget dan digital. Anak umur dua tahun udah ngarti skip ad kalo nonton youtube padahal ga ada training khusus untuk mereka ehehehe…. Makasih udah mampir ke sini ya 🙂

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s