Nugget Pisang buat Teman Ngeteh

Di rumah bokap saya, halaman belakang tepatnya, ada beberapa pohon pisang kepok tumbuh dan sering berbuah. Minggu lalu pas panen, saya bawa 8 sisir dari rumah bokap. Beberapa sisir saya bagikan tetangga di Jakarta, sisanya buat konsumsi sendiri.

Blenger juga my men….digoreng, dikukus. Gitu aja hampir tiap hari. Yaiyalah,…..eikeh kurang kreatip (pake p) ngolahnya, ditambah penyakit mager menyerang. Cukuplah keduanya merupakan perpaduan maut yang membuat itu pisang-pisang akhirnya semakin hari semakin matang mendekati bonyok.

Ketika pemikiran medit khas ibu-ibu menyerang, barulah bergerak. Sayang bener pisang nanti ujungnya cuma dibuang karena busuk. Dengan bertekad bulat dan attitude nyontek resep orang (seperti biasa) di Cookpad….jadilah mencoba resep yang udah ketinggalan zaman pisan. Yaitu….nugget pisang.
Ya Allah, orang lain mah udah pada ke es stik Beng Beng, kita baru mulai bikin nugget pisang. Terbelakang sekali Anda *ngomong sama diri sendiri.

Ya sutralah. Daripada kebanyakan ngomong, langsung kita praktik ya.

NUGGET PISANG

Bahan nugget
3 buah pisang kepok yang matang banget. Kalau ga ada pisang kepok bisa ganti pake pisang lain seperti pisang raja, uli, dll
2 sendok makan tepung terigu
2 sendok makan gula pasir. Kalo gak suka terlalu manis, silakan kurangi porsinya
1Β  saset susu kental manis putih
1 sendok mentega, cairkan
1 butir telur

Bahan pencelup
3 sendok makan tepung terigu. Encerkan dengan air.
Tepung roti secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat.
1. Hancurkan pisang dengan garpu. Kalau saya pakai tangan langsung biar lebih cepat. Tangan biasanya saya alasi plastik bersih dulu sebelum mengahncurkan pisang.
2. Campur semua bahan nugget menjadi satu. Aduk rata.
3. Siapkan loyang. Masukkan adonan dalam loyang. Ratakan
4. Kukus adonan 30 menit.
5. Jika sudah matang, diamkan dulu hingga dingin.
6. Keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai selera.
7. Celupkan nugget ke adonan tepung yang encer, lalu gulingkan di tepung roti.
8. Goreng hingga coklat keemasan.

Nah sebetulnya begini aja, nugget pisang udah endol rasanya. Tapi kalau iseng pengen kasih topping macem-macem juga bisa.
Kemarin saya kasih topping keju dan meises (adanya itu di kulkas).

Cara memberi topping:
1. Olesi permukaan nugget dengan mentega.
2. Beri keju atau meises sesuai selera.

Percobaan pertama ini masih sangat berantakan. Baik bentuk nuggetnya, maupun ngegorengnya. Ada yang kehangusan, ada yang enggak hahaha. Biasalah….amatiran.

IMG_20181111_080419_645-800x714

20181112_162037-800x600

Berantakan bentuknya. Hiks hiks…..

Lumayan juga untuk cemilan maupun sarapan pagi. Rasa manis dari makanan ini memang paling nikmeh disandingkan ((DISANDINGKAN)) dengan segelas teh tawar panas.

Yuks pada coba bikin di rumah πŸ™‚
signature

Advertisements

8 thoughts on “Nugget Pisang buat Teman Ngeteh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s