Main ke Komplek Gelora Bung Karno

Kompleks Gelora Bung Karno. Siapa yang tidak tahu dengan tempat yang satu ini? Kompleks olahraga milik Indonesia yang venue-venuenya kelas dunia.
Dulu ya, sekitar tahun 2004 an, saya beberapa kali jalan-jalan ke sini sama keluarga. Kondisinya ya memang Stadion Utamanya berdiri megah di pusat kompleks. Namun kondisi kiri kanan alias area sekitarnya ya so so banget. Untuk ukuran venue internasional nampaknya jauh….dari layak. Ya padahal aneka pertandingan olahraga ya ada aja yang dimainkan di sini.

Ya iyalah….2004 gitu loh. Sesudah tahun tersebut juga beberapa kali mampir sini, terutama untuk berenang bersama pak suami dan anak. Iya, pas baru anak pertama, sampai hamil besar anak kedua, kami seringnya berenang di stadion akuatiknya GBK. Bangunannya rada kumuh, perlu renov sana sini deh pokoknya. Sistem perpakirannya juga masih tidak terpadu. Di tiap venue saban kelar parkir ya kita bayar ke masing-masing tukang parkir yang ada di situ, di mana tukang parkirnya juga kadang seperti tidak resmi yang terlihat dari seragam dan penampilan orang-orangnya. Bukan tipikal secure parking ala gedung-gedung gitulah intinya.

Sampai akhirnya momen Asian Games 2018 itu tiba. Sekitar dua tahun sebelum penyelenggaraan, kita semua udah denger dari berbagai sumber, soal renovasi besar-besaran di hampir seluruh area.Β Suatu berita yang menyegarkan hati dan mata tentunya. Image negara ini terangkat berkat renovasi dengan menggunakan standar internasional di sana sini.

Asian Games 2018 memang sudah berlalu, meninggalkan banyak kenangan, kebanggaan dan sukacita bagi rakyat Indonesia termasuk saya. Sayang, saat euforia AG 2018 berlangsung ya kami sekeluarga gak bisa ikutan nonton langsung dan menikmati aneka venue internasional tersebut, karena keterbatasan dana.

Sesudah AG 2018, GBK tetap cantik. Cantik secara fisik, cantik secara manajemen. Inilah yang kami buktikan saat jalan-jalan ke sana. Kadang malam-malam, kadang siang hari.

Ngapain ke sana? Iseng aja, jalan-jalan sembari separonya olahraga hehe….

Secara manajemen, perparkiran di GBK sekarang sudah menggunakan secure parking dan hanya menerima pembayaran e-money saja. Lalu patroli sekuriti di mana-mana nampak aktif. Hal ini tentunya bukan untuk membuat takut pengunjung, namun tentunya demi ketertiban dan menjaga apa yang sudah cantik agar tidak dirusak tangan-tangan tidak bertanggung jawab ya. Disiplin pun diberlakukan dengan pengeras suara di mana-mana yang dengan tegas mengumumkan hal-hal darurat maupun pencegahan pelanggaran. Ketika kami sedang di area stadion utama, beberapa kali terdengar dari pengeras suara agar area parkir mobil tidak dimanfaatkan untuk belajar mobil. Nah kalau sampai pengumuman begini keluar kan berarti memang lagi ada yang belajar mobil di parkiran ya guys πŸ™‚ Ditambah lagi, sudah tidak ada pemandangan kumuh para asongan yang bebas berjualan di sana-sini. Hanya ada gerobak pedagang kaki lima yang memang resmi partner GBK (dipasang di papan namanya) itupun jumlahnya terbatas dan tersebar di beberapa spot. Gerobak ini rata-rata berjualan minuman dan mie cup instant.

Secara fisik…hmm jangan ditanya. Sedap dan nyaman. Bersih dan asri. WC pun bersih (ini penting!) plus banyak spot instagramable untuk foto-foto.

Nah ini beberapa spot yang kami manfaatkan untuk singgah dan berfoto. Sebagian besar peninggalan AG 2018 yang harapannya akan tetap terjaga dan terawat sampai kapanpun.

20181229_191156-800x600

Ini adalah ornamen yang menggambarkan aneka cabang olahraga yang dipertandingkan di AG 2018. Kami berfoto di cabang olahraga dayung. Lokasi ornamen ini ada di sepanjang jalan masuk menuju stadion utama

20181225_212744-800x600

Jika malam tiba, stadion utama bermandikan cahaya lampu yang terus menerus berganti warna antara merah, putih, ungu. Cantik….

 

20181225_205357-600x800

Di depan patung bapak pendiri bangsa. Ini versi malam ya.

IMG-20190101-WA0009

Nah ini foto versi pagi hari.Β 

20181229_200823-800x600

Dinding yang dihiasi ornamen semacam ukiran. Ini juga di jalan masuk stadion utama ya.

20181229_191522-800x600

Bersih dan tertata. Sedap dipandang mata

IMG-20190101-WA0007

Stadion utama di siang hari. Bersih. Kebetulan pas foto ini diambil sepi. Tapi sehari-hari ya banyak kok yang olahraga di sini, bahkan sampai tengah malam.

IMG-20190101-WA0020_wm

Stadion akuatik yang dibuat terbuka. Dari luar kita bisa memandang bebas ke dalam, melihat fasilitas akuatik internasional untuk aneka event olahraga kelas dunia

20181225_213647-800x600

Bangunan WC-nya

Untuk venue olahraga memang tidak semua kami singgahi dan foto-foto. Pengen sih ke istora dan stadion madya, tapi pas kita main ke sini pas lagi penuh sesak karena ada event di kedua tempat tadi.

Intinya, kalau kalian yang di Jakarta lagi gak punya tujuan buat menghabiskan waktu jalan-jalan baik pagi siang maupun malam………. cobain deh main ke kompleks GBK ini. Oya, khusus untuk spot Hutan Kotanya, sudah saya buatkan postingan terpisah di sini ya. Dan saat komplek masih on progress renovasi, sebetulnya pernah bikin postingan plus foto-fotonya di sini. Silakan dibaca ya.

Semoga bermanfaat πŸ™‚
signature

Advertisements

12 thoughts on “Main ke Komplek Gelora Bung Karno

    • imeldasutarno says:

      Halo Audi, terima kasih sudah menjejak di sini. Dulu zaman masih kumuh dan belum renovasi, berenang di sana hanya bayar sekitar 30ribuan. Tapi sekarang? Karena fasilitasnya udah internesyenel banget plus sudah mendapatkan sertifikasi dari Federasi Renang Dunia, maka tarifnya Rp 125.000. Maintenancenya super mahal kali ya makanya harganya melambung tinggi begitu hehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s