Yang Mendadak Muncul Menjelang Ramadhan

Hai hai semua. Puasa hari pertama. Gimana keadaan kalian semua? Mudah-mudahan dilancarkan ya. Baru hari pertama ni, ayo semangat!
Nah kali ini saya pengen nulis beberapa hal yang selalu membuat hati tiba-tiba hangat, pikiran senang dan bersemangat ketika mendekati puasa. Sebetulnya ini sih semacam penanda-penanda bahwa bulan Ramadhan akan segera tiba, dan biasanya berlangsung di sekitar lingkungan kita. Apa sajakah itu? Saya rangkumkan beberapa ya:

1. Pawai Ramadhan
Kalau di sekolahan anak saya dikenal dengan nama Tarhib Ramadhan. Biasanya satu atau dua hari menjelang puasa, ramailah pawai seperti ini di jalan. Ada yang dikoordinir sekolah, atau pula masing-masing RT. Ada pula dari berbagai komunitas. Biasanya pawai dilakukan di malam hari menggunakan obor. Namun ada pula yang nekad melakukannya di siang hari. Sekolah anak saya juga siang…eh pagi deng, Jam 8 pagi gitu. Tapi ya matahari udah lumayan terik. Walau matahari pagi tetep aja rasanya nyess di kepala. Huhuhu….anak-anak berjalan kaki keliling komplek perumahan dekat sekolah mereka sembari membawa aneka bendera bertuliskan hal-hal yang berkaitan dengan Ramadhan, smebari mengumandangkan sholawat. Ada pula yang diiringi dengan alat musik tabuh untuk meramaikan suasana. Seru deh pokoknya!

2. Pasokan timun suri dan blewah diturunkan
Sering saya liat di pinggir-pinggir jalan, para penjual timun suri dan blewah dadakan mulai muncul. Aneka mobil bak terbuka terlihat menurunkan berkilo-kilo buah khas Ramadhan itu untuk kemudian dijual. Ini biasanya juga satu minggu menjelang Ramadhan udah mulai ramai di mana-mana.

3. Kue kaleng memenuhi supermarket dan minimarket
Bahkan dua minggu sebelum Ramadhan tiba, area supermarket/minimarket sudah mulai sesak dengan aneka kue kaleng. Kue-kue ini kalau dicari di hari biasa susahnya minta ampun kecuali Khong Guan dan wafer Tango cokelat yang selalu hadir walau hari biasa di minimarket hehe. Oh ya selain kue kaleng, kurma baik yang curah maupun yang bermerk juga mulai memenuhi area perbelanjaan.

Screenshot_2019-05-06-10-53-38-360x640

Nah di salah satu supermarket dekat rumah, bahkan puasanya aja belum mulai, udah dijual beginian (liat gambar di bawah), Hahahaha….benar-benar super bersemangat nampaknya menghadap bulan Ramadhan dan Lebaran ya πŸ™‚

20190403_123859-800x600

4. Muncul penjual sop buah
Satu minggu sebelum Ramadhan tiba, di sekitar rumah saya mendadak mudah ditemui penjual sop buah. Yang sebelumnya malah gak ada samasekali, eh mereka mulai bersiap-siap πŸ™‚ Sop buah memanglah salah satu menu berbuka yang paling dicari orang karena segar banget rasanya. Btw saya gak pernah beli sop buah karena…. es nya kan es balok yang buat mendinginkan ikan mentah (Baca Es Balok vs Rumah Sakit ya). Mungkin kalo mau ya bikin sendiri aja di rumah πŸ™‚

5. Iklan Sirup Marjan mulai muncul di TV
Nah ini saya lupa. Untung diingatkan oleh mbak Deny Jadi tiap tahun ni, di TV-TV Indonesia, satu bulan sebelum Ramadhan tiba, kita udah diingatkan melalui hadirnya iklan sirup Marjan πŸ™‚ Produk sirup yang satu ini, selain menjadi kegemaran hampir semua keluarga Indonesia sebagai salah satu menu berbuka legendaris, juga gak pernah absen membuat iklan Ramadhan dan Puasa. Malah sudah beberapa tahun ini temanya selalu khas Indonesia banget, mulai dari aneka tarian sampai olahraga khas Indonesia semacam sepak takraw dan sejenisnya. Iklannya pun selalu berseri mulai Ramadhan sampai nanti Lebaran tiba.

Itulah hal-hal di sekitar lingkungan saya yang datang menjelang Ramadhan tiba. Kalau di daerahmu apa yang mendadak muncul begitu Ramadhan sudah dekat? Yuk cerita di komen ya πŸ™‚
signature

Advertisements

15 thoughts on “Yang Mendadak Muncul Menjelang Ramadhan

    • imeldasutarno says:

      Pasar takjil udah muncul menjelang puasa atau pas puasa mbak? Yang kumaksud di tulisan ini yang jauh hari sebelum puasa udah ada, hihi.
      Selamat berpuasa untuk mbak Uchie sekeluarga, Mohon maaf lahir bathin atas segala khilafku selama ini ya mbak πŸ™‚

      Like

  1. denaldd says:

    Kalau di sekitar tempat tinggalku yang sekarang jelas tidak terasa hawa Ramadannya Mbak. Hampa πŸ˜… tapi kalau di Indonesia seingatku hawa Ramadan sudah muncul sebulan an sebelumnya kalau iklan syrup Marjan sudah muncul di TV πŸ˜… Aku sampai nyetok syrup Marjan sekarang supaya terasa suasana Ramadan meskipun aku tidak berpuasa. Selamat puasa Ramadan Mbak. Lancar2 puasanya.

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      Naaah iya bener ya mbak Den, iklan Marjan sebulan sebelum Ramadhan ya mbak. Lupa aku. Aku update tulisanku ya berdasarkan info mbak Deny.
      Di Belanda ada jual sirup Marjan mbak? Alhamdulilah, masih bisa merasakan khas Indonesia melalui Marjan ya

      Like

      • denaldd says:

        Marjan ada Mbak, segala varian dijual di toko oriental. Nutrisari yang ga ada, makanya aku nitip sepupuku yang ke sini Nutrisari segala varian haha. Biar bener2 kayak di Indonesia. Minum Nutrisari pake es batu *halah kok jadi haus nulis gini πŸ˜…

        Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      kalo iklan mie instan udah biasa sehari2 juga seliweran di TV. Iklan sarung juga, pas ada program TV religi udah pasti wara-wiri. Nah kalo marjan spesifik pas mau ramadhan dan lebaran aja mbak munculnya. Selamat berpuasa untuk mbak Puji sekeluarga ya πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s