Nonton di Keong Mas-Taman Mini Indonesia Indah

Halo semuanya. Selamat hari raya idul fitri dulu ya. Mohon maaf lahir dan batin untuk semua teman blogger. Mohon maaf jika selama ini banyak komentar yang kurang berkenan, kurang nyaman/pas, dan nyinyir yaaa….

Gimana lebarannya temans? Semoga semuanya senang ya. Makan enak, liburan, kumpul keluarga. Setahun sekali. Happy adalah endingnya 🙂

Tahun ini saya gak mudik karena masalah finansial. Jadilah jadi penjaga Jakarta saja. Hari pertama memang terasa aneh karena biasanya lebaran di kampung halaman, sekarang kok di rumah sendiri ya? Hihihihi

Kurang lengkap rasanya liburan kalo gak pake jalan-jalan. Walaupun cuma rekreasi dalam kota doang ya hehe. Hari kedua lebaran, sepulang dari silaturahmi ke keluarga, anak-anak kami ajak main ke Lapangan Banteng. Alhamdulilah gak terlalu rame taman bermainnya. Anak-anak main sampe puas dan capek di playgroundnya:)

Nah hari kelima lebaran jatuh tepat tanggal 10 Juni 2019 yang merupakan hari pertama orang masuk kerja. Saya sengaja malah ambil cuti ketika yang lain sudah berjibaku ngantor. Selalu begitu tiap tahun. Karena memang paling enak rekreasi ketika tempatnya sepi ya. Lalu ke mana kami jalan-jalan?

Tak lain dan tak bukan adalah…Taman Mini Indonesia Indah. Gak perlu yang mihil-mihil yang penting perasaan hepi. Tujuan utama ke TMII ini adalah nonton Keong Mas. Dan kita nonton di sini gratis. Horeee….. Kalau tiket nontonnya sendiri per orang adalah Rp40,000 aja. Hemat Rp160,000. Gimana kok bisa gitu?

Jadi ceritanya waktu sekolahannya Lintang ikutan lomba Hardiknas beberapa waktu lalu, para pengantar yaitu orang tua diperkenankan ikut ke Taman Mini dan mendapatkan voucher gratis nonton Keong Mas yang berlaku hingga 30 Juni 2019. Saat voucher dibagikan terus terang kami gak ada kesempatan nonton karena udah kadung capek nganter dan nemenin nona kecil lomba. Eh ndilalah kami harus masuk TMII lagi kedua kalinya karena sekolah Lintang masuk final dan harus diadu lagi untuk menentukan pemenang pertama. Dua hari sesudah lomba pertama ya terpaksa nganter lagi ke TMII. Dan….dapat voucher gratis Keong Mas lagi. Dalam durasi dua kali ke TMII total kami ngumpulin 4 voucher. Disayang-sayang, disimpen-simpen dengan harapan suatu saat bisalah kami berempat (pak suami, saya, Alun, Lintang) memanfaatkan gratisan tersebut.

Akhirnya kesampean. Ketika tempat rekreasi sudah kosong alias sepi kami jalan ke Keong Mas. Gak perlu antri panjang berpanas-panas karena ya emang sepi. Parkiran mobil pun sepi. Langsung diperkenankan masuk sama petugas sembari beliau menyobek voucher di bagian lembar kontrol.

Pertama kali saya nonton di Keong Mas itu kisaran tahun 1985. Waktu Keong Mas masih baru-baru dibuka dan filmnya masih 1 doang. Inget banget dulu filmnya menceritakan keindahan alam Indonesia baik di darat maupun laut. Nah sekarang adalah kali kedua saya menjejak di Keong Mas. Saya juga memang niat mengenalkan anak-anak yang penasaran karena selalu saya ceritakan betapa besarnya layar film di Keong Mas. Bayangin ya nonton di depan layar sebesar  21,5 x 29,3 meter.

Dan begitu mereka masuk, memang langsung berseru kagum. By the way…kondisi Keong Mas baik bangunan maupun dalam teaternya ya masih kurang lebih sama dengan tahun 1985 dulu. Tidak ada peremajaan pada karpet, kursi, dan juga ornamen bangunannya. Semua masih model dan produk lama. Bahkan bangkunya pun sudah ada yang alasnya jebol. Hiks hiks….. Etapi soal kebersihan tetap terjaga kok. Alhamdulilah.

Film yang kami tonton adalah tentang dinosaurus T-Rex. Ada beberapa pilihan film yaitu Rocky Mountain (tentang perkeretaapian di negara Kanada), Born to Be Wild (tentang satwa liar seperti gajah harimau etc), Natural Forces (ini kayaknya tentang gempa bumi, tornado dan seputarnya ya) dan T-Rex tadi. Nona kecil keukeuh harus nonton T-Rex. Ya udah kami manut. Tiap film ini durasinya kurang lebih 45 menitan. Tiap jam mulai jam 10 pagi hingga sore, selalu ada film yang diputar.

Oh ya, di era medsos ini, saya manfaatin banget buat ngumpulin aneka info sebelum hari H ke Keong Mas. Supaya tau situasi dan kondisi, jadi gak kecewa pas sampe sana. Nah Keong Mas ini lumayan aktif loh sosmednya, terutama instagramnya (@infokeongmas) . Pas saya menemukan IG nya dan alhamdulilahnya ada no.WA yang bisa kita kontak untuk tanya-tanya. Nomornya adalah 0812-9920-2466. Cuslah saya manfaatin untuk bertanya.

Screenshot_2019-06-12-13-28-28-1-360x569

Screenshot_2019-06-12-13-28-40-1-360x506

Screenshot_2019-06-12-13-28-46-1-360x558

Soal filmnya sendiri, seperti yang kita tau kalau teater Imax ya memang menjual gambar. Semakin penonton merasa seakan-akan ikut masuk ke layar dan bertualang bersama film yang tengah diputar, semakin tercapai tujuan Imax ya guys. Jadi jangan harap menonton sebuah film yang alur ceritanya, karakter tokohnya, pada bagus-bagus dan kuat-kuat gitu. Hehe. Termasuk film T-Rex ini yang menurut pak suami alur ceritanya boring banget. Intinya menceritakan dokumentasi penggalian fosil dinosaurus dari seorang ahli paleontologi yang punya seorang anak perempuan yang passion juga dengan dunia perdinosaurusan. Lalu si anak semacam halusinasi dan tiba-tiba berada di dunia dinosaurus jutaan tahun silam. Yah kurang lebih begitulah alur ceritanya.

Buat yang mau nonton ke Keong Mas, mungkin ada baiknya menyiapkan jaket. Karena ACnya lumayan dingin euy. Apa karena kemarin penontonnya gak membludak ya makanya terasa lebih dingin? Entahlah….
Selepas nonton kami sholat di mushola yang terletak di samping teater. Gak perlu kuatir laper, karena di depan Keong Mas persis berjejer kedai aneka makanan dengan harga yang masuk akal. Kami makan nasi pecel yang seporsinya dibandrol Rp20,000 dan gorengan yang per buahnya hanya Rp2,500 (untuk ukuran tempat wisata tentunya ini lumayan murah ya). Selain nasi pecel, ada soto mie, siomay, cilok, dan masih banyak lagi.

20190610_135841-800x600

Secara keseluruhan, menyenangkan pada akhirnya bisa mengenalkan anak-anakku ke Teater Imax Keong Mas. Dan sayanya juga bernostalgia, ingat zaman kecil saat pertama kali diajak menonton ke sini oleh om, tante, dan nenek.
Kurang Indonesia rasanya kalo belum pernah nonton di sini ya, haha. Dan kurang berasa Indonesia dan kurang Jakarta aja kalo seseorang belum punya foto di depan bangunan legend yang satu ini.

20190610_140608-600x800

Sampai jumpa di postingan liburan selanjutnya yaaa…..
signature

3 thoughts on “Nonton di Keong Mas-Taman Mini Indonesia Indah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s