Anak Libur Sekolah, Mamaknya Ngapain Aja?

Oh noooo….betapa lamanya libur kenaikan kelas anak-anak sekolah ini. Nyaris 2 bulan. Dari pertengahan puasa aja anak saya udah beres Ujian Akhir Semester. Hari-hari sesudah ujian cuma masuk sembari main-main aja. Dan akan masuk sekolah kembali di tanggal…15 Juli 2019.

Sudah tentu banyak drama remaja terjadi. Anak-anak haus liburan dalam arti pengen diajak ke sana ke mari, travelling ala ala dst. Emak bapak apa daya bekerja banting tulang demi bayar SPP mereka, ndak bisa cuti seenak udel. Plus keuangan juga gak memungkinkan untuk mbayarin kemauan mereka tiap saat.

Baca juga :  Salah Lo juga, Malih!

Anak-anak cranky, emak bapak berusaha menenangkan. And repeat.
Salah satu “obat”nya adalah keberadaan teman-teman seumuran anak saya di sekitaran rumah. Jadilah mereka kadang sampe lupa waktu bermain bersama. Sisanya ya kalo Sabtu atau Minggu jalan-jalan ke tempat-tempat minim budget. Lapangan Banteng misalnya.

Baca juga: Main ke Lapangan Banteng yuk

Nah saya sendiri, selama libur panjang ini melakukan dua hal yang menurut saya penting hehe.

1. Menyiapkan peralatan sekolah anak
Kebetulan yang bungsu baru masuk SD tahun ini. Segala perlengkapan terutama seragam tinggal ambil di koperasi sekolah. Saya upayakan mengambil lebih cepat. Sampai rumah langsung dicoba ulang ke anak dan periksa ada yang kurang atau tidak. Setelah yakin semua beres, langsung dicuci, kering, setrika, susun di lemari. Tidak lupa di bagian tertentu kayak dasi, topi, kaos kaki, dikasih penanda pake spidol permanen biar gak ketukar sama temen-temennya.
Selain seragam juga udah grabak grubuk beli tas sekolah (karena tas nona kecil pas TK masihlah tas bergambar karakter unyu-unyu semacam Hello Kitty gitu. Wahahaha mau SD loh ini, nak).
Persiapan alat sekolah sekunder seperti mukena dan sendal jepit untuk di sekolah juga udah disiapin dari sekarang.
Tak lupa sampul plastik untuk buku, pensil (beli agak banyakan) dan teman-temannya juga langsung nyetok di rumah.
Intinya nanti pas hari H masuk sekolah insya Allah udah siap semua. Ngurangi kerepotan bin kerempongan juga sih. Walau pastinya nanti pun ada aja hal-hal kecil yang mbleset atau lupa, ya gpp. Yang penting usaha hihi….

2. Bayar utang puasa Ramadan
Tahun ini utang saya alhamdulilah 6 hari. Sebetulnya bisa nanti-nanti aja bayar puasanya. Tapi saya keukeuh memanfaatkan waktu libur anak-anak ini untuk mbayar. Kenapa? Karena jika di hari biasa saya puasa, habis sahur gak punya kesempatan lanjutin tidur. Saya kebetulan bukan tipe yang abis sahur kuat melekan (padahal dalam agama yang baik adalah tidak tidur sesudah sahur bukan?). Dijamin ngantuk plus saya juga mesti ngantor. Kalo hari biasa saya puasa, abis subuh saya mesti langsung nyiapin sarapan+bekal dan ngurusi anak-anak yang masuk sekolah di 06.30 WIB teng.
Sementara jika libur begini….kelar sahur bisa bablas tidur dan bangun rada siangan tanpa embel-embel ngurusi anak-anak. Kayaknya freedom dan cukup tidur gitu. Jadi pas ngantor pun engga stress, ngantuk, dan ujung-ujungnya sakit kepala dll. Makanya saya paksain diri ini buat mbayar puasa di libur sekolah begini, walau kadang ada perasaan males dan “ah besok-besok kan masih ada waktu”. Pas saya nulis gini udah kebayar 4 hari. Semangat untuk 2 hari lagi pemirsaahhh!

Penting menurut saya, belum cencu menurut orang lain. Kalau temans apa yang dilakukan selama libur sekolah anak? Adakah kegiatan spesial bersama sang buah hati? Atau malah biasa-biasa aja? Share di komen ya 🙂
signature

Advertisements

4 thoughts on “Anak Libur Sekolah, Mamaknya Ngapain Aja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s