Lagi Ketagihan

Belakangan ini saya lagi agak kecanduan. Bukan yang negatif kayak candu narkoba atau alkohol loh ya. Tapi kecanduan baca Quora.

Buat yang belum tau, Quora ini adalah situs saling bertukar pengetahuan. Sistemnya tanya jawab. Pertama kali didirikan pada Juni 2009 dan diluncurkan pada tahap beta privat di bulan Desember 2009. Wow udah lama juga ya. Nah sementara yang versi Indonesia sendiri baru launching tanggal 30 Mei 2018.

Quora didirikan oleh Adam D’Angelo (mantan chief technical officer di Facebook) dan Charlie Cheever. D’Angelo keluar dari Facebook pada Januari 2010 untuk membuat Quora dan berkata bahwa dia terinspirasi untuk membuat Quora karena dia berpikir bahwa “banyak sekali situs questions-and-answers di Internet, tetapi tidak ada yang cukup bagus“.

Nah, kalau kalian masuk ke situsnya, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ini gak melulu wajib yang berbobot. Bisa apa aja, termasuk hal-hal receh kayak misalnya “hal paling kampungan apa yang pernah kamu alami?”.

Siapa saja boleh mengajukan pertanyaan. Soal dijawab atau enggaknya ya kadang untung-untungan. Saya pernah iseng ngajuin pertanyaan yaitu: “apakah es batu yang digunakan di kopi-kopi kekinian itu pakai air matang atau mentah?”. Lumayan waktu itu ada yang bantu jawab. Setidaknya saya gak penasaran lagi.

Karena platform ini sifatnya lebih kepada opini jadi jawabannya bisa macam-macam, dan samasekali gak ada keharusan membuat jawaban valid plus didukung data-data super otentik.

Di Quora, satu pertanyaan boleh dijawab oleh banyak orang. Ada juga fitur semacam LIKE di Facebook gitu. Nama fiturnya DUKUNG NAIK. Postingan di Quora juga bisa dibagikan ke WA, FB, dll. Untuk yang pengen jawab tapi gak pengen diketahui identitasnya bisa pake fitur ANONIM (and to be honest sampe hari ini ogut gaptek dan gak ngerti gimana cara mengaktifkan mode ANONIM ini haha).

Sebetulnya saya belum ngulik banget soal Quora ini, karena baru aktif mbaca kira-kira 2 bulan belakangan ini. Yang saya tau, selain DUKUNG NAIK, Quora juga mengelompokkan berbagai topik dalam satu folder yang sama. Mempermudah orang yang ingin baca dan udah tau apa yang pengen dibaca (enggak random topic kayak saya gitu hehe).

image (1)

Liat deh pertanyaan-pertanyaannya. Sederhana tapi bikin penasaran

Dan emang Quora ini bikin candu, mungkin karena banyak sekali pertanyaan receh yang related dengan hidup kita sehari-hari. Makanya kita jadi pengen lagi dan lagi mbaca opini banyak orang terkait pertanyaan tersebut. Kadang kalau udah sekali mbaca, gak bisa kelar begitu aja, apalagi kalo pertanyaan-pertanyaan lanjutannya juga menarik dan bikin penasaran untuk liat jawabannya. Bikin habis waktu deh.

Kalian juga suka baca Quora gak? Adakah topik spesifik yang suka kalian ikuti? Yuk share pengalaman kalian di kolom komen ya.

signature

2 thoughts on “Lagi Ketagihan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s