Nasi Liwet Magic Com

Kebosanan selama di rumah, bukan hanya bosan mau ngapain lagi. Tapi juga mempengaruhi pertanyaan sehari-hari: mau masak apaan lagi ya?
Khasnya ibu-ibu ya pertanyaannya? Haha…..

Kebetulan saya emang senengnya berselancar di timeline IG akun-akun yang fokus ke aneka resep/masakan. Dan tercetuslah ide untuk coba bikin nasi liwet. Gara-garanya justru mampir ke IGnya mbak jerapahkeriting, yang sebetulnya gak spesifik mosting soal masakan. Mbak Dewi sendiri terinspirasi dari akun terkenal @xanderskitchen.

Ngeces liat foto postingan nasi liwet, plus pas baca kok ya ternyata gamfil sekali bikinnya? Karena apa? Karena ini nasi liwet magic  com sodara sodari. Maka cusslah ke dapur dan bikin.
Langsung aja ya kita ke resepnya:

Bahan
2 cup beras, cuci bersih. Sisihkan
Santan instan. Saya pakai Kara setengah bungkus aja
Garam secukupnya. Saya seujung sendok teh aja
Segenggam ikan teri medan atau teri nasi. Cuci bersih, goreng dan sisihkan

Bumbu tumis
1-2 cabe merah keriting, iris
2 siung bawang merah yang agak besar, iris
1 siung bawang putih, iris
Sereh digeprek
Daun salam 1-2 lembar

Cara membuat
1. Tumis bumbu halus, sereh dan daun salam sampai wangi.
2. Masukkan bumbu halus ke dalam beras yang sudah diberi air secukupnya. Ukuran air sebagaimana kita memasak seperti biasa ya.
3. Masukkan santan, garam, dan teri yang sudah digoreng ke dalam beras.
4. Aduk supaya tercampur.
5. Masak seperti masak biasa.

rsz_screenshot_2020-06-03-21-51-26-1

Abis matang saya taburi bawang goreng

Gampang banget kan? Begitu mateng duh wanginya menggoda. Lauk tambahannya bebas ya. Kebetulan saya cuma manfaatin bahan-bahan yang ada di kulkas. Jadilah Cuma ada sambel, ayam goreng dan lalap timun hehe.

rsz_screenshot_2020-06-03-21-51-21-1

Oh iya, kalo gak mau pake santan juga gak papa kok, karena bumbu tumis dan garam aja udah bikin nasi ini nikmeh bener.

Nah cuma kekurangan masak pakai magic com ini, walau sebelum nyalain mode COOK/MASAK, beras sudah diaduk sama bumbu-bumbu tadi, pas mateng kok penyebaran bumbunya gak terlalu rata ya? Cuma ngumpul di bagian atas nasi, sementara bagian tengah sampai bawah bumbunya seadanya.

Besok-besok saya mau coba metode aron aja deh, karena logikanya kalo aron bumbu bakal lebih rata kecampurnya.

Kuy lah dicoba ya guys resepnya. Nanti ceritain di blog kalian 🙂

signature

9 thoughts on “Nasi Liwet Magic Com

  1. dewi says:

    Wiii makasih lo mba Imeel postingan masak ibu pemalas yg terpaksa harus rajin ini direcook hehhee.. itu pst tambah enak ya kalau pakai santan, kumalah belum pernah coba.. Iyes, emg ngumpul di atas mba Imel, jd kalau begitu cetek matang.. saat itu juga, diaduk2 mba sampai rata. habis itu tutup lagi magic jar-nya.. nah beberapa lama kmd baru makan deh.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s