Sambel Ijo

Lagi-lagi karena pandemi. Gara-gara jenuh di rumah, pikiran melayang ke pertanyaan: masak apaan lagi yang enak dan bikin nafsu makan ya? Berasa kurang sadar diri, badan ini udah melar semelar-melarnya selama WFH, masih ingin pula makan yang endez endez….

Lagi berselancar di IG, ngeliat ada orang masak ayam cabe ijo, tetiba pengen bikin dong. Tapi secara khusus, di postingan kali ini saya mau berbagi resep untuk sambel ijonya aja.

Karena setelah dipraktikkan makan dengan aneka lauk (ayam, telor ceplok, tempe, dll) lha kok enak ya? Nah anehnya, saban pak suami beli sambel ijo di rumah makan padang, saya gak pernah nafsu. Malah jarang saya sentuh. Ndilalah pas bikin sendiri pertama kali, eh besokannya bikin lagi dong buat nyetok di meja makan, ahahahaha…..

Tanpa berpanjang lebar kuy kita ke dapur

Bahan-bahan
15 cabe merah besar
10 cabe keriting hijau. Nah di beberapa tempat cabe ini rada jarang. Kalo gak ada, cukup cabe ijo besar raja, jumlahnya lebih dibanyakin
Cabe rawit merah. Jumlahnya sesuai selera pedas yang diinginkan ya
3 siung bawang merah yang ukurannya besar
1-2 siung bawang putih
½ atau 1 buah tomat. Harusnya pakai tomat hijau, tapi saya Cuma pake tomat merah yang ada di kulkas.
Garam secukupnya
Gula sedikit aja
Sereh digeprek
Daun jeruk 2-3 lembar
Minyak untuk menumis

Cara membuat
1. Rebus cabe, tomat, dan bawang sekitar 1-2 menit saja.
2. Saring dan segera ulek kasar di cobek. Kalau saya, karena udah jompo, dibantu blender tapi jangan terlalu halus ya. Sebentar aja blendernya, biar tekstur kasarnya masih ada.
3. Tumis sambel bersama sereh dan daun jeruk.
4. Beri garam dan gula.

Selesai. Silakan disantap bersama ayam goreng atau telor ceplok. Jangan lupa nasinya yang panas ya. Kalau ayam gorengnya sih cuma ayam ungkep biasa trus digoreng (ga perlu nulis resepnya kayaknya, pasti dah pada jago bikin makanan ini).

rsz_screenshot_2020-06-04-15-29-30-1

ayam goreng cabe ijo

rsz_20200604_044635

Pakai telor ceplok enak

Btw setelah saya nyobain sambel bikinan sendiri ini, ternyata yang bikin saya gak terlalu suka yang versi resto Padang adalah….rasa manisnya yang gak ada. Iya, rata-rata sambel ijo yang dibeli di resto Padang cuma terasa asin aja.

rsz_screenshot_2020-06-04-15-29-21-1

stok di meja makan

Dengan memasak sendiri, kita bisa menentukan rasa yang kita mau. Saya nambah-nambah mulu makan sambel ini pake ayam goreng. Gawat deh pokoknya. Kelar PSBB celana dijamin pada kagak muat, ahahahaha…..

Selamat mencoba ya guys

signature

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s