Melonggar…………

Tanpa sadar, banyak hal-hal yang terjadi selama Corona ini. Iseng-iseng saya tulis di sini. Lumayan biar blognya tetap punya postingan walau receh hehe…

Dulu waktu awal Corona merebak di Indonesia:

1. Banyak kantor menerapkan WFH….waktu berjalan sangat lambat. Entah kenapa. Pergantian hari terasa begitu pelan. Awalnya saya pikir hanya diri ini yang merasakannya. Rupanya orang lain pun sama. Raga yang terbiasa ada di kantor saat jam kerja, tiba-tiba berpindah terkurung di rumah berhari-hari. Mungkin itulah yang membuat waktu melambat.

2. Menerapkan protokol kesehatan yang lumayan ketat bagi diri sendiri. Mau ke tukang sayur yang bukan dalam pasar aja, mesti pake jaket, kacamata safety, masker, topi. Pokoknya APD lengkap versi orang rumahan. Pulang dari tukang sayur, pak suami dengan rajinnya mencuci belanjaan yang bisa dicuci semisal buah-buahan dan sayur. Nyucinya ga di dalam rumah ya, tapi di keran luar rumah, dan setelah itu baru dibawa ke dalam dapur atau disimpan di kulkas. Uang kembalian terkadang dijemur dulu sebelum masuk kembali dalam dompet.

3. Berjemur tiap pagi. Plus berolahraga lainnnya. Main badminton di teras rumah, bahkan kadang sore pun nge-badminton. Tepak tepok sekadarnya badan keringatan. Bukan hanya kami, tetapi tetangga sebelah rumah pun rutin bermain tenis meja tentunya di rumah mereka sendiri. Pokoknya berupaya menjaga kesehatan bangetlah.

4. Minum ramuan herbal, empon-empon. Saya memang gak menerapkan banget, lebih milih minum jus tomat atau jeruk peras dan buah-buahan. Tetapi kakak saya rutin minum tiap hari dan katanya berakhir dengan susah BAB setelah semingguan mengonsumsi empon-empon wkwkwk…..

5. Gak berani jajan-jajan misalnya beli mie ayam, pempek dan aneka jajanan lezat lainnya. Cuma makan makanan yang dimasak di rumah sendiri.

6. Anak-anak samasekali tidak boleh berinteraksi secara fisik dengan teman-temannya sesama anak tetangga. Cuma boleh sahut-sahutan dari kejauhan kalo pas kebetulan anak tetangga kelihatan di luar pagar.

Hari demi hari berlalu dan Corona tak kunjung usai. Sebagai manusia biasa….mulailah diri ini melonggar. Didukung pula dengan kondisi di luar rumah, di mana PSBB mulai dibuka perlahan-lahan. Maka yang terjadi adalah…………….

1. Olahraga sudah melonggar. Berjemur mulai gak pernah dilakukan apalagi semenjak anak-anak serius sekolah online. Boro-boro mau berjemur, karena start jam 07.00 WIB kelas online dibuka dan anak-anak stand by di depan layar gadget dengan seragam sekolahnya. Saya perhatikan tetangga sebelah pun udah ga pernah lagi main pingpong.

2. APD udah tinggal masker sama kacamata safety itupun kalo inget pake kacamata. Belanjaan dari tukang sayur udah ga pernah dicuci-cuci lagi.

3. Empon-empon tiba-tiba udah ga trend lagi. Gak pernah kedengeran dan nampaknya tergusur dengan trend gowes di mana-mana. Sama sehatnya kok hehe…..

4. Jajan udah berani walaupun dijarangin. Udah nyicip mie ayam, pecel lele, siomay, bubur ayam dll. Walau masak di rumah tetap selalu dilakukan jika sempat.

5. Berani bawa anak-anak belanja ke supermarket. Tapi selalu ke supermarket yang sepi pengunjung di sekitar rumah kami, dan lengkap dengan masker.

6. Anak-anak sesekali boleh main dengan anak tetangga tetapi hanya anak tetangga yang bermasker saja. Mainnya pun bukan ngobrol berkerumun, melainkan main tendang-tendangan bola atau kejar-kejaran. Sekadar membebaskan mereka sejenak dari kungkungan tembok rumah. Dan jam mainnya benar-benar dibatasi, gak sebebas saat normal.

Mungkin kami salah. Bahkan mungkin buat sebagian orang, melonggarnya kami ini adalah bentuk dari ignorance dari pandemi ini. Maafkan kami, karena sekali lagi hanya manusia biasa yang terbiasa memiliki interaksi sosial dan belum pernah dikurung sampai berbulan-bulan begini. Last but not least…mari terus berdoa agar Indonesia bebas dari pandemi dan kita semua bisa hidup normal kembali. Amiiin…..
signature

2 thoughts on “Melonggar…………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s