Rutinitas Harian di Era New Normal

Sudah hampir sebulan anak-anak bersekolah online. Bagaimana ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian? Sudah mulai bendera putih? Hehehe…bersabar untuk kita semua ya. Masih ada empat bulan lagi sampai Desember. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, amin ya Robbal alamin.

Menghadapi sekolah online sekaligus jadi working mom luar biasa melelahkan. Mungkin kuterlalu lebay tapi itulah yang setiap hari dirasakan.

Pagi-pagi jam 05.30 WIB udah bangun, siapin sarapan anak-anak, dan mensupervisi mereka bersiap-siap (mandi, pakai seragam, absen online di Google Classroom dll), lalu ikut mantengin para guru yang njelasin pelajaran via Google Meet.
Lagi serius manteng kelas si adek, si kakak manggil karena ada yang ga paham sama pelajarannya.
Pas lagi pindah ke si kakak, si adek manggil karena kali ini giliran dia yang ga paham sama penjelasan bu guru. Dah macam setrikaan aja mamak dibuatnya. Di tengah-tengah mondar-mandir mantengin, mamak tak lupa memasak sekadarnya, untuk makan siang. Kalo gak kepegang masak ya beli lauk.
Kemudian masih ditambah  menuliskan soal-soal matematika untuk latihan harian si kakak. Soalnya saya karang sendiri aja yang penting masih related sama materi yang dipelajari si kakak saat ini. Semua disambi-sambi.
FYI: karena matematika ini adalah kelemahan utama si kakak, jadi kudu banyak latihan biar lebih paham. Dan saya sudah komit sama anaknya kalau setiap hari akan ada soal-soal dan pembahasan matematika selama 1 jam, except mamak sakit atau gak enak badan yaaa…hahaha.

Selesai sekolah online, pengennya langsung cuss ke kantor. Eh btw kok bisa ngantornya mulai siang? Karena kantor saya masih semi WFH sebetulnya. Tapi saya jujur lebih nyaman bekerja di kantor (yang saat ini diisi dengan kapasitas hanya 50% sesuai peraturan PSBB DKI Jakarta), karena lebih tenang, cepat selesai, dan mudah koordinasi dengan tim.
Back to sekolah online. Selesai anak-anak sekolah, saatnya setor-setor tugas/pe-er dengan cara foto dan upload ke Google Classroom mereka masing-masing. Untuk tugas yang tergolong mudah dan bisa cepat dikerjakan, saya minta anak- anak segera selesaikan biar langsung diupload. Ngurang-ngurangin beban emaknya. Walaupun tugas kadang masih dibolehkan sampai dua hari ke depan saya tetap keukeuh minta mereka selesaikan secepatnya, karena dengan begitu banyaknya muatan pikiran di otak ini, dijamin pada lupa hari-hari selanjutnya hahahaha…..

Selesai setor-setor barulah saya berangkat kantor. Sampai di kantor, terkadang masih direcokin sama tugas anak juga. Nah soal direcoki ini, lebih ke pengalaman teman sesama ibu bekerja ya. Walau raga di kantor tapi tetep video call dan bantu ngerjain tugas anak-anak dong. Bahkan kemarin ada teman saya yang bawa buku gambar dan asyik membantu anaknya mengerjakan tugas gambar via video call. Romantika ibu-ibu bekerja di zaman sekolah online ya begini ini…..

Pulang dari kantor terkadang sampai rumah sudah jam 20.00 WIB. Selesai beberes diri dan makan, mulai lagi:
1. Anak-anak setor hafalan surat (tahfiz) bergantian
2. Belajar matematika satu jam bersama si kakak
3. Mengerjakan tugas/pe-er yang belum (jika ada)

Barulah tidur malam.

Lima hari seminggu begitu terus ritmenya. Udah kayak mesin rasanya, hahaha…..
Tapi demi kebaikan dan menghindari risiko yang fatal akibat Corona, gak papalah ribet sedikit. Lelahnya pun jangan dikira. Tapi ditahan-tahan aja dan selalu optimis bahwa semua pasti akan berakhir dan kembali ke normal lagi.

Makanya ketemu Sabtu atau Minggu rasanya kok pengen refreshing aja. Karena masih Corona, biasanya kami refreshing dengan olahraga gowes yang sekitaran rumah aja. Bukan piknik ke mana-mana apalagi ke luar kota.

Ah sudah limaratusan kata saja. Saya sudahi ceritanya sampai di sini.
Itulah keseharianku di zaman new normal…bagaimana denganmu?

signature

4 thoughts on “Rutinitas Harian di Era New Normal

  1. ndu.t.yke says:

    Seperti biasa aja sih new normal saya n keluarga. Tetap jarang bepergian. Gak nerima tamu (dgn tegas kami utarakan spy semua tau). Plus banyak adegan cuci-mencuci plus semprat-semprot desinfektan, hehehe.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s