Jangan Benci Rehat hingga Mengorbankan Sehat

Ide buat ngisi blog alhamdulilah bisa datang dari mana aja ya guys. Iseng-iseng sekrol timeline di Twitter…tau-tau dapet aja SS buat bahan ngeblog.

Presentation1

Mewakili suara hatiku nampaknya.

Ketika pandemi berlangsung sudah lebih dari dua bulan, tiba-tiba kepikiran: eh ini banyak waktu di dalam rumah tapi kok engga terlalu produktif ya? Kok orang lain bisa ya? Dan serentetan pikiran insekyur lainnya.

Mungkin bukan cuma saya yang begini. Ada ribuan orang lain yang sama insekyurnya dengan saya. Ngeliat sosmed orang lain yang banyak waktu di rumah dan tau-tau mereka udah punya keterampilan menjahit, masak yang keren-keren, berkebun, ikut webinar sana sini, anak-anaknya di rumah pada dibuatin aneka mainan edukatif nan kreatif……membuatku tiba-tiba terasa menciut. Belum lagi ngeliat ibu-ibu teman sekolah anak-anakku yang super produktif dengan tiba-tiba open PO jualan aneka produk makanan asli dibuat dengan tangan mereka sendiri (bukan reseller) sembari WFH. Wuih….makinlah diri ini bukan lagi menciut tapi berasa terbenam dalam lumpur lapisan kedelapan (lumpur lapisan kedelapan itu apa ya maksudnya? *lalu dikemplang para pemirsah).

Begitulah manusia. Rumput tetangga mah selalu lebih kinclong dibanding rumput rumah sendiri.

Jiwa kompetitif boleh-boleh saja, malah bagus apalagi kalau arahnya positif.

Tapi……jangan lupa bahwa sehat itu nomor 1. Kita cuma dikasih 1 nyawa dan 1 kali kesempatan untuk hidup. Kebablasan demi kompetisi, demi kepuasan diri, sungguhlah tidak elok jika untuk itu semua kesehatan jiwa raga kita korbankan.

Kita yang punya diri, kita yang paling tau batas kemampuan kita sampai di mana. Kalo kurang tidur dikit aja bisa bikin badan masuk angin, gak usahlah sok-sok an berjibaku dari pagi buta sampe ketemu tengah malam di dapur buat bebikinan segala rupa kue untuk dijual online plus ngurus rumah tangga plus ibu bekerja juga. Ini contoh saja ya, dan gak me-refer ke siapapun kecuali diri saya sendiri. Nah makanya saya ya begini-begini aja. Waktu yang ada selama WFH boro-boro dipakai untuk bikin aneka kue atau cemilan resep baru untuk keluarga. Kadang malah cuma ceplok telor, karena raga terasa sudah lelah. Soal bacaan? Yaelah boro-boro….. Lebih milih tiduran ketimbang baca buku-buku yang bermanfaat hahaha..

Pernah sesekali maksa biar keliatan produktif, endingnya dikerokin sama pak suami plus badan pake acara demam pula.

Ya sudahlah. Selama masa di rumah saja gak nambah apa-apa, masih tetap begini-begini aja, gak masalahlah. Tweet di atas membuat saya bersemangat lagi menjalani hari-hari selama pandemi ini. Matur nuwun untuk mas-mas yang udah create that tweet (aku ndak kenal dia siapa soalnya hehe)

Semoga alarm kita semua tetap dihidupkan oleh Yang Maha Kuasa. Agar kita tidak kebablasan, dan jiwa raga ini tetap diberikan kesehatan senantiasa. Amiiin…..

signature

8 thoughts on “Jangan Benci Rehat hingga Mengorbankan Sehat

  1. Rahma Balci says:

    senasip kita….liat timeline fb aja rame banget dah temen2 pada kreasi bikin masker dr rajutan , blm jualan online, webinar ini itu…ssedang dirikuhh malah update drama mulu wkwkwkw, ya cara rehat sendiri,ikut satu grup aja ditelegram lebih ke urusan spiritual..webinar2 gitu seringnya baca hasil tulisan orang yg ngerangkum, kalau ada webinar gratisan dr kbri aja sering kelupaan waktu.tapi kadang herannya postingan2 itu juga entah kyk saling ngejatuhin, ada yg bangga2in krn bisa punya duit sendiri ga minta suami, krn usaha online..nah emak2 irt biasa kan bisa insyekurrr:V tapi ga sejauh itu sih saya..slm bahagia2 aja sama suami yg ga pelit, scroll2 aja nyari tema blog juga

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      Naaah iya mbak bener bikin masker…itu juga lagi banyak di mana-mana. Wah kalau ujung-ujungnya cuma ngejatuhin ya menguap dong ilmu, manfaat dan pahala dari postingannya hehe….mudah2an tweetnya mas itu bisa jadi bekal kita untuk engga lagi ngerasa insekyur yo mbak 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s