Serba Serbi Sekolah Online – Bagi Raport

Udah bagi raport? Oh tenang…..raport bayangan kok. Karena anak-anak udah selesai ngikutin Ujian Tengah Semester minggu lalu. Nah karena sekarang sekolahnya online, bayar SPP nya juga online, maka bagi raport pun online.

Kalau di sekolah anak-anak sistemnya: wali kelas akan membagikan jadwal video call beberapa hari sebelum pembagian raport online/virtual. Walas akan video call tiap anak dengan durasi 10 menit. Karena kedua anak saya awalan namanya huruf P maka kami mendapat giliran sekitar jam 10 dan 10.30 WIB. Oh ya, pagi-pagi banget sebelum video call, walas akan mengirimkan raport by PDF format ke masing-masing ortu.

Konsultasi sekaligus bagi raport online kali ini, menjadi yang kedua kali bagi kami. Bagaimana tidak? Sejak Maret 2020 anak-anak sekolah dari rumah. Kenaikan kelas bulan Juli kemarin pun sudah pakai sistem online begini untuk raport-an.

Terasa ada yang berbalik. Jika selama sekolah normal, pada sesi konsultasi, ortulah yang banyak bertanya ke guru: gimana anak kami di sekolah bu/pak? Attitude-nya? Capaian akademisnya? Apa yang perlu diimprove? Dll dll.
Sekarang berbalik. Anak sekolah dari rumah, otomatis 24 jam justru bersama ortu. Bertemu guru hanya virtual sehingga guru mungkin malah balik bertanya ke ortu gimana perilaku anak misalnya ketika mendapat tugas-tugas yang cukup menumpuk dll? Guru gak bisa ngeliat, begitu kira-kira intinya.

Makanya pas kemarin konsultasi, kami juga gak nyampe 10 menitan. Sekolah onlline begini banyak pemakluman dan toleransi di sana-sini. Udah gak bisa ngejar prestasi akademik lha wong apa-apa didampingi ortu di rumah. Kalo mo nanya apa yang mesti diimprove dari anak juga useless. Karena justru ortulah yang lebih tau kelakuan anak bagian mana yang masih minus dan mana yang udah oke. Akhirnya wali kelas pun hanya meminta masukan dari kami, apa yang mesti diimprove dari sistem pembelajaran daring selama ini.

Kalau teman-teman bagaimana pengalaman bagi raport anaknya? Apakah daring juga seperti saya, atau malah tatap muka langsung di sekolah? Share di komen ya 🙂

One thought on “Serba Serbi Sekolah Online – Bagi Raport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s