Kenapa Senang Mau Ramadhan?

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Gak kerasa ya guys. Perasaan baru aja kita ngerasain puasa dan lebaran serba terbatas, serba ga boleh ke mana-mana. Iya tahun kemarin. Eh tau-tau sekarang bulan nan mulia itu sudah mau tiba lagi. Kalau perhitungannya benar, maka tanggal 13 April 2021 kita sudah mulai menahan emosi, makan dan minum sejak terbit matahari sampai maghrib nanti, selama sebulan penuh.

Saya pernah beberapa kali menulis soal Ramadhan di blog ini. Ada kali 10 postingan soal seputar bulan puasa. Tiap bulan suci tiba, saya kadang suka punya semacam resolusi terselubung yaitu pengen sekalian ngurusin badan. Hahahaha……Dan tentu saja hal itu tidak pernah tercapai hingga saat ini. Karena tahun ini barulah saya sadar sepenuhnya bahwa Ramadhan adalah bulan yang super menyenangkan, dan penyebabnya adalah……………….

Setiap hari bisa jajan yang enak-enaaaaakkkk……….!

Hahahaha udah tuwek begono baru nyadar ya? Iyes, kalo tahun-tahun kemarin kan kayak jaim gimana gitu. Jaim soal pengiritan duit dan diusahakan buka puasa sesederhana mungkin dan bila perlu hanya sesuai sunnah Nabi. Jaim gara-gara pengen kurus itu tadi. Jaim menjaga perbuatan biar gak kebablasan dan masih dapet khusyuknya Ramadhan.
Tapi tahun ini…..kuingin berbahagia sebahagia mungkin.

Siapa sih yang ga doyan jajan? Saya ndak mau munafik, saya demen makan jajanan.  Suka gak kuku sesungguhnya kalo ngeliat martabak, kue tradisional, es cendol, pecel ayam, gado-gado, siomay dll. Eh ini jajan apa sih maksudnya? Snack atau makanan pokok? Mbuhlah, kabeh yo wis ta’ anggep jajanan.  

Tapi pertanyaan lanjutannya: siapa sih yang gak pengen sehat? Iyes saya paham. Jajan itu bisa jadi lebih banyak efek buruknya dibanding sehatnya. Lemak, kolesterol jahat, gula, kabeh tumplek blek. But again, aku ndak munafikun gaes..aku syuka dan bahagia kalo bisa jajan.

Bulan Ramadhan itu bulan paling surga buat para pecinta jajan. Buat yang di Jakarta, gak usah harus ke Pasar Benhil yang selalu hits tiap bulan puasa dengan aneka pedagang takjilnya. Di sekitaran rumah kita aja udah banyak banget loh pedagang yang menawarkan aneka makanan. Apalagi pandemi yang lumayan merontokkan ekonomi begini. Banyak orang banting stir dan mencari peruntungan atau penghasilan lewat berdagang takjil. Tinggal siapin dompet yang tebal a.k.a uang trus silakan bingung deh milih yang mana.

Udah kebayang nanti tiap sore menjelang buka, saya beli aneka jajanan. Oh ya senangnya, kalau Ramadhan itu, ada makanan-makanan tertentu yang seasonal muncul di bulan itu saja. Sebutlah one of my favorite: lontong isi plus sambel kacang. Yasalam, air liur eikeh menitik saat menulis ini, wkwkwkkw…..

Yang terpenting, saat beli jajanan buka puasa jangan mubazir. Beli dalam kuantitas yang pas. Misalnya saya berempat dalam rumah, trus mau beli martabak telor. Ya beli aja satu loyang, jangan lebih dari itu. Ilustrasinya kurang lebih begitu.

Semoga bulan Ramadhan tahun ini lebih bahagia untuk kita semua. Untuk pembaca yang gak sefrekuensi dengan content postingan ini, mohon maaf ya. Maklum, lagi mood banget buat nulis rasa gembira menyambut bulan puasa euy 🙂

Kalau kalian doyan jajan buat takjil juga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s