5 yang Berumur Panjang

Urusan umur, jodoh, rezeki, adalah mutlak milik Allah SWT, Tuhan Pemilik Semesta Alam. Ada orang-orang yang diberi umur panjang, dan ada pula yang sebaliknya. Di dalam keluarga kita atau lingkungan bertetangga, orang-orang yang diberi usia panjang sudah pasti menjadi sorotan tersendiri, membuat kita salut kagum bagaimana mereka bisa menjaga kesehatan sampai akhirnya bisa berumur panjang. Di Jepang tau sendiri kan, banyak banget orang yang usianya bisa mencapai 100 tahun bahkan lebih.

Nah, saya iseng bikin postingan tentang beberapa orang yang sejujurnya saya kagum betapa panjangnya usia yang diberi Sang Maha Pencipta kepada mereka. Here’s the list:

  1. Pangeran Phillip, suami Ratu Elizabeth.
    Juni 2018 nanti beliau akan genap berusia 97 tahun. Selain masalah kesehatan seperti masalah tulang dan persendian, beliau ini di usia yang sudah sangat uzur, masih bisa berdiri tegap dan postur badannya sungguh proporsional. Tidak gemuk, tidak bungkuk. Hebat banget. Di balik semua itu, rupanya beliau memang mengusung gaya hidup sehat. Olahraga yang rutin, menghindari lift kalau bisa naik tangga, menghindari naik mobil kalo masih bisa jalan kaki. Dan semuanya tentu didukung pula oleh pola makan yang super terkontrol dari pihak kerajaan.
    Ya iyalaaah….masa iya seorang pangeran mau makan roti, rotinya pasaran beli di minimarket kayak kita? Bahan pembuat rotinya pun kudu khusus, kudu organik. Begitu pula semua jenis asupan makanannya: daging, sayur, keju, minuman, semuanya alami. Mungkin sayurnya ditanam tanpa pestisida, dagingnya dari sapi yang berkembang biak alami gak pake suntik-suntikan segala. Ini otomatis ngedukung banget sama kesehatan sang pangeran.

    Ditambah lagi selalu dilakukan general check up rutin dari pemerintah. Ya kali kita rakyat jelata yang mau check up aja bisa 10 taon sekali….nabung dulu cing buat biaya check up yang jutaan dia RS hahahaha…..
    Kalo check up nya rutin kan langsung ketauan, misal kolesterolnya udah tinggi dikit, otomatis chef kerajaan akan mengatur lagi asupan makanan yang lebih sehat dan bisa menurunkan kolesterol. Jadi, kesehatannya tetap terjaga prima.

  2. Ratu Elizabeth.
    Penjelasannya sudah pasti 11-12 sama suaminya. Oya Ratu ini salah satu rahasia sehatnya adalah enggak makan karbo selain roti sandwich. Saya baca di beberapa sumber, beliau karbonya itu kadang cuma kentang atau pasta. Selebihnya lebih banyakin protein terutama ikan. Asupan gulanya juga dijaga, kalo minum teh enggak pake gula, gak pake krimer dan lain-lain.

    Soal olahraga, 11-12 sama suaminya. Di usia beliau yang udah menginjak 92 tahun, jalannya juga masih tegap, tanpa bantuan tongkat. Nah khusus beliau, rupanya ada faktor genetik juga makanya bisa berumur panjang. Ibu Suri pun tutup usia di umur 101 tahun kan? Baca dari beberapa sumber, umur panjang ini secara penelitian ilmiah, juga dipengaruhi genetik alias keturunan loh πŸ™‚

    Selain itu, beliau juga terbukti sanggup mengelola stress. Jadi pemimpin paling tinggi di Inggris siapa yang gak akan terbelit sama yang namanya stress? Walaupun urusan kenegaraan sehari-hari dipimpin sama Perdana Menteri tapi tetap aja beliau juga punya otoritas mengambil keputusan ini itu. Begitu banyak permasalahan kenegaraan, ditambah permasalah personal keluarga yang jadi sorotan dunia. Mulai dari perceraian 3 dari 4 anaknya, meninggalnya Putri Diana, dan masih banyak lagi….kalo gak pintar-pintar mengelola stress, bisa lebih cepat kena stroke atau penyakit lainnya.

    Queen-Elizabeth-Prince-Philip-Christmas-Train-Ride-2017

    Ini foto Natal 2017 lalu. Liat deh masih pada bisa jalan sendiri tanpa bantuan orang lain, padahal udah pada sepuh. Kerenlah pokoknya. Sumber foto: Getty Images

  3. Mahathir Mohamad
    Barusan dilantik menjadi pemimpin tertua di dunia. Karena menjabat lagi sebagai Perdana Menteri Malaysia di usia 92 tahun. Sama seperti Ratu dan Pangeran Inggris, beliau jalannya masih tegap, dan tampilannya kayak orang yang baru masuk usia 70 aja gitu. Resep umur panjangnya: nyokap beliau selalu berpesan dari kecil, kalo makan jangan banyak-banyak. Ketika kamu semakin nafsu makan sesuatu, di tengah makan, berhenti deh. Jadi perut juga enggak buncit. Sama sepeti hadist Nabi: berhentilah makan sebelum kenyang.

    Lalu asupan makanannya pun sudah pasti serba organik dan sehat. Ya kan beliau bukan orang sembarangan ya di negara Malaysia. Mirip-miriplah sama Ratu Inggris gitu, di mana semua asupan makanan dikontrol dan hanya the best one yang masuk ke dalam perut.

    Kemudian, beliau juga berusaha tetap membuat otak bekerja. Ini penting, karena banyak orang-orang yang sudah sepuh mengalami pikun. Penyebabnya karena biasanya makin tua kita makin gak banyak yang dipikirin. Beda sama yang muda-mudah produktif yang masih mikirin nyari duit buat bayar sekolah anak, bayar cicilan KPR dll, hahahahaha…..ini kenapa jadi curcol yeah?

    Malaysia-election-2018-Malaysia-election-2018-shock-Malaysia-election-2018-Mahathir-Mohamad-Malaysia-election-2018-leader-957579

    Gak kayak orang umur 92 samasekali ya? Sumber gambar: Getty Images

    Nah ketika banyak yang gak dipikirin, bisa jadi otak kita perlahan juga ikutan melambat kerjanya. Mahathir berbuat sebaliknya. Beliau di salah satu media yang saya baca, terang-terangan bilang kalau dia sangat passion sama politik. Makanya otaknya ia pakai terus untuk bekerja dan berkarya di bidang politik. Sampai akhirnya sekarang ya bisa jadi Perdana Menteri lagi, yang sudah pasti lolos fit n proper test di bidang kesehatan. Gak mungkin kan mau jadi pemimpin tertinggi negara kalo kesehatan gak fit dan pikun?

  4. Mooryati Soedibyo
    Siapa orang Indonesia yang gak kenal beliau? Pendiri Mustika Ratu yang terkenal dengan aneka produk jamu dan kosmetiknya. Beliau sudah berusia 90 tahun. Tampilannya sama kayak Mahathir Muhammad, kayak masih usia 70an aja. Woohooo….panjang umur ya bu. Kalau ibu yang satu ini kita semua pasti udah pada tau rahasia umur panjang dan awet mudanya. Ya benar: jamu. Yaiyalaaah….hidup beliau hanya seputar jamu, ya kali enggak konsumsi rutin tiap hari. Masa cuma ngeracik tapi enggak minum?

    Jamu buat sebagian besar masyarakat Indonesia, dipercaya mempunyai andil besar untuk merawat kesehatan tubuh. Selain jamu, ibu Mooryati juga rajin olahraga, meditasi, dan puasa. Puasa ini untuk mengeluarkan racun-racun jahat dari dalam tubuh. Makanya beliau tetap bugar sampai saat ini.

    Nah itulah 4 public figure yang saya tau memiliki usia panjang. Gak lengkap ya kalo cuma 4. Biar genap, listnya saya buat sampai lima. Siapakah orang kelima ini? Yang ini bukan orang terkenal loh ya.

  5. Nenek kandung saya.
    Ibunya nyokap saya. Saat ini beliau berusia 92 tahun. Gak punya sakit kayak orang-orang seperti stroke, jantung, diabetes dll. Sakitnya beliau cuma sakit rindu kalo jauh dari anak cucunya. Pikun? Alhamdulilah hingga saat ini beliau tidak pikun. Ngomong masih jelas, masih inget semua kisah flashback dari zaman beliau hidup di kala penjajahan Belanda, sampai cerita hidup yang sekarang-sekarang. Hanya pendengaran dan penglihatan yang sudah sangat berkurang plus berjalan harus dibantu orang atau pakai tongkat penyangga.

    Di kala muda, beliau suka sekali olahraga. Mulai bulutangkis sampai atletik dilakoni. Bahkan pernah ikut serta sebagai atlet bulutangkis di pra PON, tapi tahunnya beliau lupa. Hidupnya sewaktu muda pun dilalui dengan banyak aktivitas fisik. Mulai dari membuat makanan, menjualnya dengan cara berkeliling kampung pakai sepeda, mengurus kuda-kuda (orang zaman dulu masih pakai dokar, jadi otomatis punya kuda di rumah untuk narik dokar) mulai dari memberi makan, membersihkan kandang dan kotorannya. Tak heran beliau memiliki fisik yang cukup fit.

    Di usia yang sudah sangat sepuh, masih mampu terbang Jakarta-Malang walau mulai dari bandara sampai di tempat tujuan selalu naik kursi roda.
    Soal asupan makanan, nenek saya enggak punya satu hobi tertentu. Semua dimakan dan dalam porsi yang gak pernah berlebihan. Gak kayak kita-kita ya (kita?? Lu aja kali), demen makan jeroan di nasi Padang, demen minum manis-manis, demen seafood…..jelas aja penyakit gampang datang. Gak papa sebetulnya makan itu semua asal gak dijadikan hobi, karena kalo hobi kan berarti makannya jauh lebih sering ya guys.

    IMG-20180510-WA0006_1

    Ini nenek dan adik sepupu saya. Sehat terus ya nek. Semangaaaaattt….!

    Semoga nenek sehat dan panjang umur terus ya.

    Lengkap sudah lima listnya. Memanglah benar statement yang mengatakan bahwa asal muasal semua penyakit itu ya dari mulut. Orang di Jepang terbiasa makan banyak sayuran dan protein, makanya usianya bisa panjang-panjang.

    Mulut makan makanan yang gak sehat, jadi penyakit. Mulut berucap hal-hal yang negatif dan menyakiti orang lain, bisa jadi penyakit juga. Ah marilah kita menjaga mulut kita ini ya…supaya jasmani dan rohani tetap sehat wal afiat dan berumur panjang. Amiiiin……
    signature

Advertisements

8 thoughts on “5 yang Berumur Panjang

  1. Grant Gloria says:

    Wah, keren banget bisa umur panjang. Tapi kalo aku nggak mau umur panjang, ntar bosan hidup. Maunya sehat2 selalu aja, masalah umur panjang atau nggak tuh nggak penting. Hehehe. Oya, kok yg nomor 4 nggak ada fotonya mbak?

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s