Olahraga di Jakarta International Velodrome

Awalnya kami adalah keluarga yang berusaha melakukan prokes sebaik mungkin. Demi terhindar dari sang virus yang ngehits banget dari tahun lalu itu. Di rumah saja, disiplin memakai masker jika urgent keluar rumah, gak wisata ke mana-mana blas, bahkan nginjek pasar becek pun setahun ini sudah ga pernah dilakukan lagi.

Tapi kami hanyalah manusia biasa. Yang pada akhirnya tetap butuh liat dunia luar, bukan hanya tembok rumah dan tembok Alfamart (eh?). Pertahanan pun petjah! Petjah namun penuh perhitungan. Main keluar rumah tapi cari yang outdoor banget sehingga risiko penularan insya Allah minim.

Pak suami mengajak kami semua untuk olahraga di Jakarta International Velodrome. Yes, itu sih inti dari tulisan ini hahaha……

Teringat dulu sekitar tahun 1980an (bu, tua bener situ?). Itulah pertama kalinya saya mendengar kata velodrome. Dan ketika main ke Jakarta (dulu saya tinggalnya di Kalimantan Barat), om saya memberitahu bahwa Indonesia juga punya velodrome di daerah Pulomas.ย  Dan setelah berpuluh tahun sesudah itu, pada akhirnya saya menjejakkan kaki ke tempat yang awalnya cuma pernah dengar namanya saja.ย  Terasa agak norjik (a.k.a norak). Tapi tak apalah yekan….hehehe….

Buat kalian yang belum tau, Jakarta International Velodrome ini adalah arena balap sepeda untuk indoor. Etapi kalau diintip di Wikipedia, JIV ini juga bisa loh untuk pertandingan futsal, bulutangkis dan voli. Intinya event olahraga dalam ruangan ya guys.

JIV sendiri merupakan bagian dari komplek GOR Rawamangun. Dalam kompleks ini kita bisa menemukan aneka venue olahraga mulai dari JIV sendiri, indoor bulutangkis, squash, kolam renang, stadion atletik, stadion baseball dan masih ada beberapa lagi. Tak lupa dilengkapi pula dengan fasilitas olahraga outdoor.

Untuk masuk ke area velodrome sendiri, bisa diakses dari pintu masuk stasiun LRT di Jalan Velodrome, maupun dari Jalan Pemuda. Yang dari pintu masuk LRT hanya bisa dilalui sepeda/motor dan pejalan kaki. Sedangkan dari Jalan Pemuda bisa untuk akses mobil. Jam buka selama masa PSBB Transisi kemarin bulan Januari 2021 adalah jam 06.00-18.00 WIB.

Sebagai informasi, velodrome yang sekarang merupakan hasil renovasi total dalam rangka Asian Games 2018 lalu. Dari yang biasa-biasa saja, disulap menjadi velodrome kelas internasional, gak kalah dengan velodrome di negara-negara maju loh guys. Bahkan menjadi yang termegah se-Asia Tenggara.

Namun untuk masyarakat yang berolahraga ke sini, hanya bisa di luar gedung ya. Jadi jangan bayangkan kita asik-asik olahraga indoor dan nyobain trek sepeda balap di bagian dalam.

Dalam kondisi PSBB Transisi kemarin, masuk ke area olahraga seperti Gelora Bung Karno maupun Velodrome ini gak bisa sembarangan. Dihadang petugas sekuriti di gerbang menuju parkiran.ย  Mereka akan mengecek suhu tubuh sekaligus menanyakan usia berapa anak kita dan apakah ada ibu hamil dalam mobil? FYI: anak usia di bawah 10 tahun, ibu hamil, lansia 60 tahun ke atas memang ga diizinkan masuk ya guys.

Kami sekeluarga mencoba olahraga ke Velodrome di Pulomas. Sepeda anak-anak dilipat, dibawa dalam mobil. Sampai di sana, kami langsung menuju Alun-alunnya. Luas banget euy! Saking luasnya anak-anak bisa bebas banget sepedaan dan kejar-kejaran di situ. Lalu kita juga bisa mengelilingi a.k.a thawaf muterin gedung utama velodrome untuk sekadar jalan kaki atau lari.

 

Foto kompleks Velodrome dari atas. Gambar ini diambil dari situs Wikagedung.co.id

Anak-anak dengan sepedanya masing-masing, emak bapaknya kebetulan bawa raket dan kok bulutangkis, jadi sedikit bertepok-tepok manjah dan lumayan keringatan hihihi…..

Kemudian kami juga mencoba masuk ke tribun penonton di lapangan baseball internasional yang juga digunakan saat Asian Games 2018 lalu. Akses ke tribun terbuka, jadilah kami iseng nonton para atlet yang tengah latihan.

 

Jangan khawatir kelaparan di sini. Karena di sekitar alun-alun, berjejer foodtruck yang menjual aneka makanan. Tapi kami belum mencoba makanannya karena pas ke sini bawa bekal lumayan banyak.

Kompleks velodrome sendiri nampak benar-benar dirawat oleh Pemda DKI Jakarta. Ketika kami datang ke tempat ini, terlihat banyak petugas perawatan taman dan juga kebersihan yang tersebar di beberapa titik, melakukan tugas masing-masing. Kompleks ini juga dilengkapi dengan mushola dan toilet yang bersih. Banyak spot cantik yang bisa dijadikan tempat selfie di sini.

Ada yang ganteng guys di sebelah sana

Selain menjajal area luar velodrome, kami juga mencoba fasilitas olahraga outdoor di area GOR Rawamangun.

Ini fasilitas outdoornya ya. Lumayan buat fitness fitness cantik

Pengen rasanya tiap minggu ke sini, karena area luas dan bersih terasa nyaman untuk kami berolahraga. Sayangnya di masa PPKM Mikro begini, pihak velodrome memperbolehkan masyarakat berolahraga namun tidak menyediakan lahan parkir. Jadi yang rombongan dan bawa mobil kayak kami gini otomatis ya ga bisa, kecuali naik kendaraan umum ya ๐Ÿ™‚
Huhuhu…kapan ya dibuka full lagi kayak pas PSBB Transisi?

Kalian sudah pernah olahraga ke Jakarta International Velodrome?

7 thoughts on “Olahraga di Jakarta International Velodrome

    • imeldasutarno says:

      Alhamdulilah bisa nonton sampai di dalam mbak. Kebayang seru banget itu.

      Semoga semua fasum di Jakarta terpelihara dan selalu bersih ya mbak. Kan jadi enak dan nyaman buat kita-kita yg mengunjunginya ๐Ÿ™‚

      Like

  1. Agus warteg says:

    Belum pernah kesana mbak, soalnya saya jauh di kabupaten serang.

    Jadi Jakarta Internasional velodrome ini tadinya venue buat Asian games kemarin ya mbak, pantesan bagus, selain itu banyak petugas yang merawat ya.

    Semoga pandemi segera berakhir ya mbak agar Jakarta internasional velodrome ini agar bisa bebas olahraga disini.

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      Halo mas Agus, terima kasih sudah main ke blogku ya. Wah iya Serang mah jauh dari Jakarta. Kapan2 kalau pas main ke Jkt mungkin bisa disempetin mas berkunjung ke Velodrome ๐Ÿ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s