Anakku Kena Infeksi Telinga

Hari Sabtu 24 Maret kemarin, anak saya yang sulung demam. On off. Dikasih penurun demam, panasnya turun. Tapi setelah beberapa jam turun, kembali demam. Lalu ia pun mengeluh telinganya sakit. Duh apakah dia kena infeksi telinga ya? Saya jadi cemas.
Bapaknya bilang jangan terburu-buru panik. Liat dulu kronologisnya kenapa dia begitu?

Memang sejak hari Kamis dan Jumatnya, dia main tanpa henti. Istirahatnya ya cuma malam aja. Kamis itu aktivitas sekolah seperti biasa lalu lanjut les berenang sampai sore. Pulang ke rumah sudah maghrib. Jumatnya ikutan ke sekolah ambil raport bayangan (udah kelar UTS), dan setelah itu main seharian sampe sore di rumah teman kelasnya. Lagi-lagi di rumah teman itu terpapar air, karena mereka bermain kolam renang plastik di sana.
Dugaan terkuat adalah: anak ini pasti kecapean non stop 2 hari main mulu isi hidupnya. Plus banyak makan makanan jajanan, mulai dari biskuit-biskuitan, chiki-chikian, es krim, dll. Mungkin itu penyebabnya. Jadi jangan buru-buru nyimpulin infeksi telinga.

Hari minggunya masih demam on off tapi emang gak tinggi. Dan kuping masih sakit. Bahkan dia juga ngeluh, menelan makanan juga sakit. Sampai akhirnya Senin pagi menjelang. Yang harusnya dia sekolah, tapi bilang sedikit pusing dan kuping masih sakit.

Akhirnya saya maksa pak suami buat gerak ke dokter. Sebab sejak Sabtu itu sakit kupingnya enggak hilang-hilang. Sampai di dokter umum, pak dokter ngecek kuping kanannya yang sakit, dengan otoskop. Kuping kiri aman, karena emang ga sakit dan pak dokter bilang kupingnya bersih. Kuping kanannya…bener ada semacam bengkak kecil, mirip bisul mini gitu.
Itu yang bikin sakit, dan demam on off. Pak dokter menduga kami sering pakein cotton buds, padahal gak pernah sekalipun bersihin kuping anak-anak pake benda itu. Dugaan selanjutnya, pak dokter tanya apakah sering berenang? Karena biasanya infeksi model begini sering diderita orang yang sering berada dalam air kolam renang. Dan kami jawab iya, sebab setiap minggu anak kami ya rutin les renang. Pak dokter menyimpulkan penyebabnya dari situ. Air kolam kan memang tidak 100% bersih, apalagi itu kolam umum. Dan kebetulan kondisi anak mungkin sedang tidak fit sehingga mudah kena infeksi.
Akhirnya anak kami diresepkan tablet untuk radang dan obat tetes Chloramphenicol.

20160210_154850[1]

Gambar dari perbidkes.com

Semoga dengan kedua obat tersebut, infeksi telinga anakku bisa segera membaik. Yang pasti, kita gak bisa menghindari berenang di kolam renang umum yang penuh manusia dengan aneka rupa kondisi kebersihan. Bisa sih menghindar, alias bikin kolam renang pribadi di rumah hehe…… Nah yang perlu dipastikan adalah membuat kondisi badan anak fit dengan istirahat cukup dan makan yang sehat, supaya biar renang di kolam umum juga insya Allah aman aja.
signature

Advertisements

15 thoughts on “Anakku Kena Infeksi Telinga

  1. kunu says:

    Aku juga pernah kena mbak mel, pusing parah, nyut-nyutan dulu, klo aku gara-gara suka iseng mainin cotton buds padahal ngrsa ga gatel dan ga ada kotoran, telinga emang riskan ya, semoga adeknya cepet sembuh 🙏

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      waduh kunu….pantes kena infeksi. Mainannya cotton buds euy hahahaha…Saking kuatirnya sama cotton buds, aku gak pernah bersihin telinga anak-anakku pake benda itu hehe.
      Amiiin, makasih ya kunu 🙂

      Like

  2. Miss Mae says:

    Waduh mba, kasian sekali… semoga cepet sembuh. Temanku ada yang sering banget tu kena infeksi telinga, usianya udah hampir kepala tiga aja bisa sampe kesakitan parah dan perlu ke rumah sakit… semoga si adek engga separah itu ya…

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      Amiiin, terima kasih ya mbak. Duh udah kepala tiga berarti masih bisa kena ya? Thanks for the info kalo gitu. Kupikir penyakit kayak gini cuma nyerang anak2 aja hehe
      Anakku alhamdulilah gak parah, lha wong masih pecicilan, main ke sana ke mari kayak orang gak sakit gitu 🙂

      Like

      • Miss Mae says:

        Iya mba, tapi dia kenanya selalu setelah naik pesawat, kemudian shower, jadi menurut dia gara-gara kombinasi antara iritasi akibat perbedaan tekanan udara plus air shower, jadilah infeksi.
        He he, biasa ya anak kecil suka pecicilan… gpp deh sakit sekali-kali, moga aja justru meningkatkan daya tahan tubuh ke depannya 🙂

        Liked by 1 person

  3. Audrie says:

    Aku bacanya aja ngilu yak, itu kuping pasti gak nyaman banget. Plus nelen makanan sakit, kita2 yang udah dewasa aja berasa terganggu banget kalo tenggorokan sakit, apalagi anak2 😔. Moga2 cepet membaik ya anakmu, biar bisa aktivitas lagi

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s