Tumis Teri Basah Cabe Ijo

Kadang-kadang kalo mau masak, suka bingung. Setiap hari lauknya yang itu lagi yang itu lagi. Maqlum, engga kreatif euy hahahaha….. Sampai suatu hari mbak Asisten Rumah Tangga salah beli. Jadi saya minta dia beli ikan teri nasi, eh dia malah beli teri basah. Tapi ada hikmahnya banget. Karena akhirnya saya bisa membuat lauk lejaaaatttt dalam sekejap. Hehehe…..

Resepnya sendiri saya boleh nyontek di Cookpad. Pake kata kunci “resep teri basah” langsung keluar ratusan resep. Pilah pilih, saya pun mencoba yang tergampil. Eh iya, saya modif sedikit, di mana ada sisa sambel di meja makan, saya campurin juga di tumisan.
Inilah dia…..Tumis Teri Basah Cabe Ijo.

BAHAN:

3 genggam teri basah (duh monmaaf ga pake takaran pasti). Cuci bersih, kucuri dengan jeruk nipis, diamkan 15 menitan untuk menghilangkan amisnya.
4 siung bawang putih, iris tipis
5 siung bawang merah, iris tipis
7 buah cabe keriting ijo, iris tipis. Lebih banyak lagi lebih asoy rasanya
1/2 buah tomat ukuran sedang, iris tipis
1 batang sereh, geprek. Diskip juga gak papa.
1 sdm saos tiram
Garam dan gula secukupnya.
Minyak untuk menumis. Saya gunakan agak banyak, karena minyak-minyak itu endolita banget kalo dibenyek-benyek di nasi panas hihi.


BUMBU HALUS (ini yang saya bilang sisa sambel di meja makan)

8 buah cabe rawit. Bisa kurangi kalo gak suka pedes.
5 buah cabe keriting merah
2 siung bawang merah

CARA MEMBUAT:

1. Goreng teri basah sampai matang. Sisihkan
2. Tumis bumbu halus kira-kira 30 detik. Lalu masukkan duo bawang dan cabe keriting ijo. tumis lagi.
3. Tambahkan sereh.
4. Jika sudah tercium harum, masukkan saos tiram, gula dan garam.
5. Masukkan tomat. Oseng terus sampai tomat terlihat layu.
6. Masukkan teri goreng. Aduk rata sembari matikan api kompor.

Jadinya kira-kira kayak gini:

IMG_20180322_094440_538-800x604

Nasi panas sedandang juga alamat abis kalo pake lauk beginian mah.
Selamat mencoba ya.
signature

Advertisements

17 thoughts on “Tumis Teri Basah Cabe Ijo

  1. Novie Mochtar says:

    Teri Ini emang enak! Menu ini juga menjadi kegemaran keluarga kami. Saya juga suka tuh modif dikit resep hasil Googling yang disesuaikan dengan selera dan bahan yang kebetulan lagi ada di kulkas. Ditambahin daun jeruk yang di remas-remas dikit juga oke lo. Coba deh.

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      Halo Mbak Novie, makasih sudah mampir ke sini ya. Iyaaa kadang kita modif, nyesuaiin sama bahan2 yang seadanya di rumah. Wah boljug tuh dipakein daun jeruk. Nanti kucoba ya. Thanks untuk tipsnya mbak 🙂

      Like

  2. Hans says:

    Kalo udah denger ikan teri, langsung ngiler.
    Suka banget soalnya, asal jangan terlalu asin. Hahaha.
    Soalnya pernah makan ikan teri tapi asin banget, jadi gak bisa menikmati 😅
    Doyan banget kalo yang pedas2 kayak gitu 🤤

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s