Semangat (banget) Sama AG 2018

Halo semua. Duh udah lama nih ga bikin postingan di blog. Kangen banget sebetulnya tapi apa daya kehidupan dunia nyata butuh perhatian ekstra makanya belum bisa bagi-bagi waktu sama dunia blog hehe.

Postingan kali ini sudah tentu berhubungan sama euforia Asian Games ya. Detik-detik menjelang Asian Games banyak banget hal membahagiakan yang terjadi. Mulai dari kemenangan timnas sepakbola U-16 di Piala AFF. Kemudian upacara bendera 17an di istana. Sampai puncaknya Opening Ceremony yang kelas dunia yang disajikan dengan sempurna oleh talenta lokal Indonesia. Udah banyak banget yang ngomongin soal Opening Ceremony ini di dumay. Saya pribadi mah speechless dan merinding ngeliatnya. Beruntung banget yang bisa langsung hadir di stadion saat itu.

Pernak-pernik lain yang juga gak luput dari perhatian saya selama menjelang dan berlangsungnya Asian Games adalah soal spanduk-spanduk. Saya gak tau, apakah setiap RT memang mewajibkan pemasangan spanduk mendukung Asian Games alias memang kebijakan dari Pemda…ataukah memang semua institusi, UKM, RT dan RW semua berswadaya memasang spanduk di tempat masing-masing. Yang pasti semua spanduk dukungan ini bikin gembira liatnya. Gak peduli tulisannya salah, kebalik dll, energy of Asian Games berasa banget. Maksud saya tulisan salah itu misalnya:

Siap Mensukseskan Games Asia (ini saya lihat di sebuah sekolah negeri dekat rumah)
Siap Mensukseskan ASEAN GAMES (di sekolah swasta deket rumah juga)
Siap Mensukseskan AISAN GAMES (di sebuah RT somewhere around Jakarta)
Siap mensukseskan SEA GAMES Jakarta Palembang 2018 (ini liat di salah satu medsos)

Bahkan tukang bubur ayam gerobak langganan saya, yang tiap hari mangkal di pengkolan deket kantor, masang spanduk yang bunyinya : Bubur Ayam Bang Nuri Turut Mensukseskan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Woohoooo…..seru ya?

Untuk tulisan yang salah-salah, ya kita mah kudu maklum. Kan gak semua institusi itu paham benar soal penulisan bahasa Inggris dll, apalagi untuk kelas RT dan RW. Biarin aja, kita seharusnya hargai aja inisiatif dan semangat mereka yang sudah bela-belain masang spanduk.

Kemudian, apalagi? Nonton langsung ke venue. Sebagai warga Jakarta harusnya sungguhlah beruntung dan mudah untuk bisa datang dan nonton langsung aneka pertandingan olahraga di event besar ini. Apalagi Asian Games yang diadakan di Indonesia, gak bakal keulang dua kali lagi. Kalopun iya, ya mungkin masih harus menunggu giliran puluhan tahun kemudian. Dan misalkan ga bisa masuk venue karena kehabisan tiket, area GBK dan sekitarnya itu bisa jadi destinasi wisata tersendiri loh. Keliling-keliling ngeliatin dari luar dari satu venue ke venue lain juga udah bikin girang. Lagi-lagi karena event ini gak bakal keulang lagi dalam waktu dekat.

Tapi, sudah tentu kita harus menyesuaikan dengan kondisi ya guys. Buat yang punya kelebihan rezeki baik berupa uang maupun waktu, sebaiknya memanfaatkan banget kesempatan ini untuk sekedar datang ke area GBK. Berhubung keadaan finansial keluarga saya lagi gak bersahabat, jadi enggak bisa dan hanya mendukung perjuangan atlet-atlet Indonesia dari rumah. Alias cuma mantengin TV, teriak-teriak saban liat mereka berjuang apalagi kalo tahapannya udah semifinal atau final.

Dukungan bisa berupa apa saja. Termasuk menjadi tuan rumah yang ramah dan disiplin. Sedih beberapa hari lalu lihat berita sampah yang ditinggalkan para penonton di venue begitu bubaran bulutangkis. Itu baru yang di venue. Belum lagi di luar venue, kayak sopir taksi yang sengaja naikin argo 5x lipat gegara taksinya ditumpangi atlet asing. Mau ngomong : “yah ini mah Indonesia banget” berasa antara miris sama malu sama diri sendiri euy. Karena saya kan orang Indonesia juga 😦

Asian Games tinggal menghitung hari menuju Closing Ceremony. Apapun dukungan kita, lakukan yang terbaik. Histerisan di depan TV, atau bahkan sekedar menyebarkan link berita kemenangan atlet-atlet kita via medsos yang kita punya, itu juga dukungan yang berarti. Yang terakhir ini udah saya lakukan sejak hari pertama Asian Games berlangsung. Timeline saya isinya cuma berita kemenangan atlet Indonesia peraih medali Asian Games doang hahaha……

Semoga sampai akhir Asian Games, semuanya lancar tanpa kendala. Sehingga Indonesia bisa dikenang dunia, khususnya negara-negara sahabat di benua Asia, sebagai tuan rumah yang sukses, ramah dan baik. Ayo doain sama-sama ya temans 🙂

signature

Advertisements

3 thoughts on “Semangat (banget) Sama AG 2018

  1. deadyrizky says:

    banyak kantor pemerintahan bikin spanduk siap mensukseskan
    ternyata memang benar adanya
    di palembang sepi penonton
    akhirnya banyak PNS disuruh nonton lho
    wakakak

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s