Telur Bumbu Kencur

Kalo masak telur diceplok atau dibalado biasa, bosen juga ya rasanya. Dimasak apaan lagi ya? Karena mati gaya, seperti biasa saya nyari-nyari resep di internet. Eh ada resep telur bumbu kencur. Seperti apa ya rasanya? Ah kelamaan….mari masuk dapur. Kita langsung bikin aja ya

Bahan
6 butir telur ayam. Rebus.
Minyak untuk menggoreng
2 buah cabe hijau besar, iris serong
Daun salam
Garam
Gula
1/2 bungkus santan Kara (saya ambil setengah dari yang Kara 65 ml)
100 ml air

Bumbu halus
10-15 cabe merah keriting
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 buah tomat merah. Saya gak pakai banyak tomat supaya ga terlalu asem.
Cabe rawit merah sesuai selera pedas masing-masing
3 butir kemiri
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
Kencur secukupnya. Karena saya suka dengan rasanya, saya pakai 2 ruas

Cara membuat
1. Telur yang sudah direbus tadi digoreng sampai berkulit. Sisihkan.
2. Tumis bumbu halus dengan daun salam dan cabe ijo iris
3. Masukkan air, aduk-aduk sebentar. Lalu masukkan santan, gula dan garam.
4. Tes rasa. Jika sudah pas, masukkan telur dan aduk-aduk supaya bumbu tercampur rata.

Penampilannya sama persis dengan telur balado. Tapi pas sampe di lidah, rasanya beda. Kencur dan santan memberikan rasa gurih nan segar (halah bahasanya) yang ga ditemui kalau cuma dibalado biasa. Selamat mencoba ya guys 🙂

Picture1

signature

4 thoughts on “Telur Bumbu Kencur

  1. ndu.t.yke says:

    Menarik ini mbak. Aku juga sempet seneng bgt ama kencur, dibikin kuah cilok. Sempet nanem juga di halaman belakang. Kencurnya. Bukan ciloknya. (nih komenku serius n nyambung ama postingan lhooo). Eh aku masih boleh komen di tempatmu kan mbak? Nanti komenku di lockdown eh take down, wkwkwkwk….

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      weka weka weka sudah cencu bole komen selalu. Siapapun bole komen, mau nulis apapun bole mbaaa kalo di blogku mah ihihi…maqlum faqir qomen 🙂 Tydack satupun bole me lockdown komen-komenan. wahahaha

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s