Minggu lalu saya ngobrol via WA sama Sekar. Dia cerita kalau di kantornya, bagian resepsionis beberapa hari ini resah. Gimana enggak? Ada beberapa telepon masuk dari aneka bank dan menanyakan nama karyawan yang bekerja di situ. Karyawan yang bersangkutan rupanya punya tagihan kartu kredit dan belum dibayar, maka dikejarlah via telepon oleh bagian penagihan bank.
Yang bikin pusing katanya, semua karyawan-karyawan yang dicari itu, posisinya sudah resign lama. Ada yang sudah resign 1 tahun, ada yang resignnya baru 5 bulan lalu. Macam-macamlah.
Sebagai resepsionis, posisi teman Sekar itu serba gak enak. Si penagih sudah dijawab baik-baik bahwa karyawan yang dicari sudah resign lama, eh tetap ngotot maksa dan bertanya, pindahnya ke mana, nomor hapenya berapa? Intinya si resepsionis yang gak punya urusan malah semacam kena semprot sama penagih.
Pihak penagih juga mungkin memang sudah diset sama atasannya untuk mencecar sampai akhirnya bisa dapat info dan bisa terhubung dengan orang yang dimaksud. Sungguh belibet.
Beberapa penagih pun malah ngotot karena merasa mentok di resepsionis, mereka minta disambungkan ke pihak HRD. Berharap dari HRD bisa mendapat info ke mana karyawan tadi pindah.
Lalu pernah pula, saking udah keselnya masuk telepon dari pihak credit card, HRD kantor Sekar mencoba mengontak mantan karyawannya, sebut saja namanya Arif, dan suruh langsung beresin utang-utangnya di bank, jangan bawa-bawa lagi kantor lamanya. Dan Arif pun say sorry sembari menjelaskan bahwa sebetulnya yang memiliki masalah utang itu adalah adiknya namun menggunakan/minjem credit card beliau. Asli, hubungannya udah terlalu jauh ya, sampe ke adik mantan karyawan segala?
Bikin pusing ya? Saya yang WA-an sama Sekar aja ikutan gemas. Ada kemungkinan hape karyawan pengutang tidak diangkat-angkat alias menghindar dari pihak penagih, sehingga mau tidak mau penagih menghubungi nomor kantor.
Lalu akhirnya jalan keluar dari pihak kantor Sekar adalah: kalau ada penagih menelepon lagi, resepsionis langsung kasih saja nomor hape yang berutang. Toh data no hp masih tersimpan di database HRD. Mau tidak mau. Supaya nextnya kantor Sekar aman dari rang ring rang ring para penagih. HRD sudah tidak mau lagi bersusah payah mengontak satu per satu macam kasus Arif tadi. Ngabisin energi padahal bukan kita juga yang punya urusan.
Moral of the story: jika suatu saat kita bekerja dan lepas ikatan dari kantor lama/mengundurkan diri , jangan kemudian masih melibatkan kantor tersebut apalagi dalam urusan utang begini. Usahakan resign dengan baik, meninggalkan kesan yang baik, dan bereskan semua urusan pribadi sesegera mungkin. Jika saya ada di posisi Arif, entah mau ditaruh di mana muka ini a.k.a malu.
Temans pernah mengalami kejadian seperti di kantor Sekar?
Mudah-mudahan enggak ya 🙂
wahahaha itu karyawannya nggapleki banget siih. gemes aku lhaa heuheuhe
LikeLiked by 1 person
Gemes sama kesel ya, kok ya engga tau malu? hehe…
LikeLike
Gak bisa diblock aja ya nomornya?
LikeLike
pernaaaaahh. salah satu tmantan temen kerja dikejar debt collectot. tapi nggak sampe yg parah kayak sekar gitu sih mbak. dulu ceritanya udah kayak sinetron banget. antara kasian sama pengen ngejitak
LikeLiked by 1 person
Tuliiiiiiissss…bikin blogpostnyaaa…..hehehe…
LikeLike
gak maaauu… takutnya ybs silent readernya blogku. wkwkw
LikeLiked by 1 person
Aku ada pengalaman ini juga, nti kapan2 ku tulis.. kurleb, akunya yg dijadiin contact darurat, “diangkat” jadi sepupu.. alhasil tuh org ngabur ga mau bayar, aku yg dikejar2, di tlp ke hp gak bisa, neror kerumah.. mau marah banget deh pokoknya..
LikeLiked by 1 person
Waduh in, apes bener nasibmu…ga tau apa-apa dan bukan pihak yang ngutang malah ikutan susah ya?
LikeLike
Iya Mel 😓 kalau aku aja ya wes, ini sampe libati org rumah, sampe pernah mamaku setiap denger dering tlp, parnoan sendiri.. kampret banget kan tuh org 😑😑😑
LikeLiked by 1 person
Ya Allah sampe berimbas ke nyokap begitu ya…serem euy. Moga2 gak akan pernah keulang lagi ya in
LikeLike
Gemes dengernyaa hahaha dia sih enak ga dikejar2 kok tapi jd nyusahin org lain ckck semoga segera terselesaikan masalahnya deh
LikeLiked by 1 person
Iya bener banget mbak. Mbok ya ada rasa malu ya udah nyusahin kantor sebelumnya. Terima kasih sudah mampir di sini ya mbak 🙂
LikeLike
pernah ngalami. kebetulan mantan karyawan yang dicari sudah meninggal dunia. eh, masih gak percaya saja. nanya makamnya dimana …. hihihi, kacau para debt collector itu. kata teman, biasanya mereka dari pihak ketiga yang di-hire pihak bank terutang. nah karena pendapatannya berdasarkan komisi atas utang yang tertagih, jadilah semangat nagih utangnya kelewatan …
LikeLiked by 1 person
Halo mas Tatok…ya Allah udah meninggal masih juga dicari ya? Dikira kita yg ngasih info ngebo’ong kali makanya minta ditunjukin makamnya. He3 ada2 aja ya
LikeLike
Seperti di film Shopaholic saja, penagihnya sampai datang ke kantor…
LikeLike